Amerika dan Inggris Bergabung Serang Yaman, Bisa Memicu Perang Dunia III

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris secara resmi melancarkan operasi militer di Timur Tengah, usai puluhan kali membombardir sejumlah wilayah Yaman, Jumat 12 Januari 2024. Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, koalisi militer Amerika Serikat dan Inggris melancarkan 23 serangan di daerah Al Hudayah (Hodeidah), Saada dan Sana’a. Departemen Pertahanan AS mengonfirmasi serangan tersebut, dengan sasaran fasilitas milisi Houthi (Ansar Allah) yang berbasis di Yaman. 

Empat serangan terjadi di Bandara Internasional Sana’a, delapan serangan di Bandara Internasional Al Hudayah, dan tiga serangan di kamp militer kota Saada. Kemudian, militer Amerika dan Inggris juga membombardir kamp Brigade Mekanis ke-22 di Al-Jand Taiz dan bandara di Al-Hawban. Aksi Angkatan Bersenjata AS (US Armed Forces) dan Inggris dilakukan, pasca resolusi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait penghentian serangan di perairan Laut Merah. 

Sebab seperti yang diketahui, milisi Houthi kerap menyerang kapal-kapal komersial termasuk kapal perang militer Amerika Serikat yang melintas Laut Merah. Serangan dilakukan sebagai solidaritas milisi Houthi terhadap agresi militer di Gaza, Palestina yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Presiden AS, Joe Biden, mengakui jika puluhan serangan rudal Tomahawk di Yaman adalah perintahnya secara langsung. Biden menegaskan akan mengakhiri ancaman Houthi di Laut Merah. “Hari ini atas arahan saya, pasukan militer AS, bersama dengan Inggris dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada dan Belanda, berhasil melakukan serangan terhadap sejumlah sasaran di Yaman,” ujar Biden.

“(Sasaran di Yaman telah) digunakan oleh pemberontak Houthi untuk membahayakan kebebasan navigasi di salah satu saluran air paling penting di dunia,” dikutip VIVA Militer dari CNBC. Lebih lanjut Biden juga membenarkan bahwa aksi pasukannya adalah bentuk balasan terhadap tindakan milisi Houthi, yang telah menyerang kapal perang AS, dan kapal-kapal kargo internasional.

Baca Juga :   Perang Iran vs Israel, Indonesia Harapkan PBB Turun Tangan

“Serangan-serangan ini merupakan respons langsung terhadap serangan-serangan Houthi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap kapal-kapal maritim internasional di Laut Merah,” ucap Biden. “(Dalam serangan ini) termasuk penggunaan rudal balistik anti-kapal untuk pertama kalinya dalam sejarah,” katanya melanjutkan. Meletusnya perang di Yaman meningkatkan ancaman pecahnya Perang Dunia III. Sebab saat ini Perang Rusia-Ukraina masih belum menemui ujungnya, sementara militer Israel makin gencar menyerang Gaza.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Bus pariwisata kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024) petang. Bus tersebut membawa rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat, yang sedang menggelar perpisahan.

#kecelakaanbus #kecelakaan #smklinggakencana #ciater #subang

Kejadian Mengerikan Terjadi di Ciamis, dimana seorang suami tega memutilasi istrinya sendiri. diduga pelaku stres karena usahanya bangkrut & anak telilit hutang 150 juta karena Judi Slot
#mutilasi #pembunuhan #ciamis #beritaciamis #ciamisterkini #mediapasti

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Load More

Tag Berita

Paman Gibran DIlaporkan Ke MKMK Diduga Melanggar Kode Etik

Mediapasti.com – Jubir Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono membenarkan adanya laporan terhadap Hakim Konstitusi, Anwar Usman ke Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Paman Gibran Rakabuming

AC Milan Ditinggalkan Giroud Akhir Musim Ini

Mediapasti.com – Olivier Giroud resmi meninggalkan AC Milan setelah kontraknya habis pada akhir musim ini, yaitu 30 Juni 2024. Kabarnya, pemain veteran Prancis itu akan