Diduga Ada Api, Pesawat Lion Air Terbang Kembali ke Bandara Soekarno-Hatta

You are currently viewing Diduga Ada Api, Pesawat Lion Air Terbang Kembali ke Bandara Soekarno-Hatta

MEDIAPASTI.COM – Maskapai Lion Air belum mau menjelaskan penyebab pesawat JT 330 tujuan Jakarta-Palembang putar balik atau return to base (RTB) ke Bandara Soekarno-Hatta setelah sesaat lepas landas.

“Lion Air tidak dapat berspekulasi,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Rabu malam, 26 Oktober 2022.

Menurut Danang, teknisi dan pilot sudah mengecek pesawat lewat serangkaian tahapan yang dijalankan menurut daftar kerja yang membutuhkan waktu.

Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Danang menjelaskan, operasional penerbangan nomor JT-330 dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM) telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

“Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan laik dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal,” kata Danang.

Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 penumpang.

Lion Air, kata Danang, melaksanakan penerbangan sesuai standar operasional prosedur dengan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul.”

Mendarat Kembali Setelah 30 Menit Mengudara

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi mengatakan pesawat tipe Boeing B738 dengan Registrasi itu take off dari Bandara Soekarno-Hatta Rabu 26 Oktober.

“Pukul 17.13 pesawat take-off dari Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya dalam keterangan tertulis Rabu malam 26 Oktober 2022.

Semenit kemudian atau pukul 17.14 pilot melaporkan adanya gangguan pada mesin pesawat dan meminta untuk mendarat. “17.46 pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Rosedi.

Baca Juga :   Inilah Kondisi Korban Bus Wisata Ke Guci Terjun Terguling Masuk Jurang!

General Manager ATC Airnav Indonesia Endaryono mengatakan pesawat sempat mengudara sekitar 30 menit dan berputar sekali, lalu mendarat dengan aman dan selamat.

“Terbang sekitar 30 menit, berputar sekali lalu langsung mendarat dengan selamat,” kata Endaryono.

Berdasarkan pengamatan petugas ATC, kata Endaryono, tidak ada bagian pesawat yang rusak atau mengeluarkan asap maupun api.

“Terkait ada informasi api disayap pesawat, dalam pengamatan Airnav itu tidak ada,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan