Seleksi Calon Duta ORI Sub Ibing Pencug Kabupaten Bekasi

You are currently viewing Seleksi Calon Duta ORI Sub Ibing Pencug Kabupaten Bekasi

,mediapasti.com,Kabupaten Bekasi | 6 September 2020

Seleksi Duta Original Rekord Indonesia (ORI) Kabupaten Bekasi untuk Seni Tari Ibing Pencug bertempat dipadepokan Sanggar Jingga kp Tambun Desa Kertasari Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi pada 6/09/2020

Adipati Cakra Bendana selaku Ketua Panitia Ibing Pencug dan juga pemilik Sanggar jingga mengatakan, “untuk membuat preatasi di Kabupaten Bekasi melalui Seleksi Ibing pencug ini nantinya akan di pilih para duta yang akan mengenalkan pada masyarakat luas mengenai ibing pencug yang merupakan khas kesenian Kabupaten Bekasi. Ini ada lah yang pertama semoga kedepan nya masyarakat kabupaten Bekasi lebih mengenal kesenian khas daerahnya. Untuk kegiatan ini di ikuti oleh 12 Padepokan dari 16 peserta dan nantinya akan di seleksi menjadi 8 (delapan) orang duta Ibing Pencug di Kabupaten Bekasi, Ada pun untuk acara puncaknya akan di selenggarakan pada tanggal 20 september 2020 mendatang.

Abah Nanu yang merupakan tamu undangan dari Bandung Selaku juri komentator dalam acara seleksi ibing pencung Duta ORI (Original Rekord Indonesia) Kabupaten Bekasi saat di wawancarai Awak media mengatakan “Dirinya (abah nanu) Sangat mengapresiasi Kegiatan seni budaya yang di selenggarakan di Kabupaten Bekasi tersebut ini meruoakan suatu terobosan untuk mengangkat dan memajukan seni budaya yang ada di kabupaten Bekasi khususnya Ibing pencug yang merupakan khas daerah Bekasi.
Abah Nanu juga mengatakan, “Kegiatan ini sangat unik karena di selenggarakan di tempat yang sangat sederhan, ucapnya.
Mis puja sebagai Manajemen Talen dari Jingga present selaku penyelenggara kegiatan seleksi Ibing pencug Duta ORI Kabupaten Bekasi mengatakan, “dari 16 peserta yang ikut dan satu orang dinyatakan gugur karena tidak hadir, Mis Puja juga berharap dengan di selenggarakan nya seleksi ibing pencug ini bisa membawa kesenian khas bekasi untuk lebih dikenal masyarakat luas.

Baca Juga :   PERESMIAN LAPANGAN BULUTANGKIS PB PUTRA KALIJERUK(PKJ)

Kang Agus Somantri guru padepokan Maung Jingga yang juga sebagai pengurus PPSI (persatuan pencak Silat Indonesia) Kabupaten Bekasi mengatakan, “Seni Ibing Pencug yang biasa di bilang juga buah kawung, ada pun pencug dengan pencak silat itu ada perbedaan untuk ibingan pencak silat biasanya terfokus ada istilah kaidah dasarnya jurus, isi dan kembangan. Namun untuk seni pencug sendiri mengiringi alunan lagu atau istilahnya seni ibingan”.
Agus Somantry juga berharap, “Untuk kedepan nya agar para pencinta seni ibingan pencug untuk lebih dikembangkan lagi jangan sampaih hilang karena ibingan pencug merupakan tradisi dari leluhur”.

Ajang seleksi Ibing pencug untuk Duta ORI Kabupaten Bekasi di hadiri oleh beberapah tokoh pegiat seni budaya dan juga guru padepokan yang ada di kabupaten Bekasi, Bang Nasan dari komunitas SOBAT mengatakan, “Dengan adanya seleksi Duta Seni Ibing pencug yang merupakan seni khas daerah Kabupaten Bekasi ini Semoga bisa dikenal masyarakat Luas di seluruh nusantara”.

Guru Rizal yang juga merupakan guru besar dari padepokan Singa Putra Bajang sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, selain untuk memotivasi semangat anak didiknya dan juga mengenalkan kesenian khas Kabupaten Bekasi ada pun antusias peserta sangat luar biasa semua peserta begitu semangat, pungkasnya.
(Icun Sanjaya)

Tinggalkan Balasan