Dua Juta Buruh Siap Mogok Nasional Tgl 6-8 Oktober 2020

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI.COM || 32 Federasi dan konfderasi serikat buruh dan beberapa federasi serikat buruh lainnya siap bergabung dalam unjuk rasa serempak secara nasional tanggal 6-8 Oktober 2020 yang diberi nama MONAS. Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI),Said Iqbal.

Dijelaskan Said Iqbal,mogok nasional ini dilakukan sesuai dengan UU No 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan UU No 21 Tahun 2000 khususnya Pasal 4 yang menyebutkan,fungsi serikat pekerja salah satunya adalah merencanakan dan melaksanakan pemogokan.

“ Selain itu,dasar hukum mogok nasional yang akan kami lakukan adalah UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No 12 tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik, ” Ujar,Said Iqbal.

Lebih lanjut dia menjelaskan,mogok nasional ini akan diikuti 2 juta buruh (sebelumnya direncanakan sebelumnya adalah 5 juta buruh). Dua juta buruh yang mengikuti nasional tersebut meliputi sektor industi seperti kimia,energi,pertambangan,tekstil, garmen,sepatu,otomotif dan komponen,elektronik dan komponen,industri besi dan baja,farmasi dan kesehatan,percetakan dan penerbitan,industri pariwisata,industri semen,telekomunikasi,pekerja transportasi,pekerja pelabuhan,logistik,perbankan, dan lain-lain.

Adapun sebaran wilayah 2 juta buruh yang akan ikut mogok nasional antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang Raya, Serang, Cilegon, Bekasi, Karawang, Purwakarta,Subang,Cirebon,Bandung Raya,Semarang,Kendal,Jepara,Yogjakarta, Surabaya,Sidoarjo,Gresik,Mojokerto dan Pasuruan.

Berikutnya adalah Aceh,Padang, Solok,Medan,Deli Serdang,Sedang Bedagai,Batam,Bintan,Karimun,Muko-Muko, Bengkulu,Pekanbaru,Palembang,Bandar Lampung dan Lampung Selatan

Selain itu,mogok nasional juga akan dilakukan di Banjarmasin, Palangkaraya,Samarinda,Mataram,Lombok,Ambon, Makasar,Gorontalo,Manado,Bitung,Kendari,Morowali, Papua,dan Papua Barat.

“Jadi provinsi-provinsi yang akan melakukan mogok nasional adalah Jawa Barat,Jakarta,Banten, Jogjakarta,Jawa Tengah,Jawa Timur,Aceh, Sumatera Utara,Sumatera Selatan,Kepulauan Riau, Sumatera Bara,Bengkulu,Riau,Lampung,NTB, Maluku,Kalimantan Selatan,Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur,Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara,Papua, dan Papua Barat, ” Ujarnya.

Dalam aksi mogok nasional nanti,buruh akan menyuarakan tolak omnibus law RUU Cipta Kerja, antara lain tetap ada UMK tanpa syarat dan UMSK jangan hilang, nilai pesangon tidak berkurang,” tidak boleh ada PKWT atau karyawan kontrak seumur hidup,tidak boleh ada outsourcing seumur hidup, waktu kerja tidak boleh eksploitatif,cuti dan hak upah atas cuti tidak boleh hilang,karyawan kontrak dan outsourcing harus mendapat jaminan kesehatan dan pensiun

Baca Juga :   Pelaku Mutilasi Di Garut Ternyata ODGJ, MUI Buka Suara Prihal Fenomena Cek Khodam!

“ Sementara itu,terkait dengan PHK,sansi pidana kepada pengusaha dan TKA harus tetap sesuai dengan isi UU No 13 Tahun 2003, ” Tegasnya.

[AbruL]

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia

Akibat Hujan Deras Sekali Jokowi Batal Ngantor Di IKN Bulan Ini

Mediapasti.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui masih melihat kesiapan infrastruktur terkait rencana untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan ini. Jikalau memang infrastruktur