Film Lightyear Terancam Batal Tayang di Indonesia! Ini Tanggapan Lembaga Sensor Film

You are currently viewing Film Lightyear Terancam Batal Tayang di Indonesia! Ini Tanggapan Lembaga Sensor Film

Ada kabar buruk untuk penggemar film dan animasi dari Disney. Salah satu film animasi kolaborasi Disney dan Pixar yang ditunggu-tunggu tayang bulan Juni 2022 ini terancam batal tayang.

Adalah film Lightyear, yang merupakan film spin-off dari serial film Toy Story. Film Lightyear sendiri adalah film yang mengangkat Buzz Lightyear sebagai tokoh utamanya dalam petualangan luar angkasanya.

Setelah adanya isu yang beredar di media sosial, film Lightyear tampaknya dipastikan batal tayang di bioskop bulan Juni ini. Kira-kira apa alasannya?

Jadwal Tayang 15 Juni 2022

Sebelumnya, Disney Indonesia merilis pengumuman kalau film Lightyear dijadwalkan tayang pada tanggal 15 Juni 2022 di bioskop Indonesia. Jadwal ini lebih cepat dibandingkan jadwal tayang di Amerika. Dilansir dari Variety, film Lightyear akan tayang di Amerika pada tanggal 17 Juni 2022. 

Adanya Adegan LGBT 

Film Lightyear diisukan batal tayang di Indonesia lantaran adanya adegan lesbian, Beauties. Dilansir dari detikcom, adegan LGBT itu melibatkan karakter space ranger yang bernama Alisha dan pasangannya yang sedang membangun sebuah keluarga. Keduanya kemudian saling menyapa dengan berciuman di bibir. 

Dicekal di Banyak Negara

Tidak hanya Indonesia, film animasi pertama Chris Evans ini juga dicekal di banyak negara. Seperti halnya negara Tiongkok, yang berawal dari Tiongkok mengirimkan permintaan sensor kepada pihak Pixar dan Disney, namun sayangnya permohonan sensor tersebut ditolak.

Di negara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, film Lightyear sudah dipastikan tidak tayang karena melanggar standar konten media di negara tersebut. Awalnya adegan lesbian di film ini dipotong, namun setelah karyawan Pixar melayangkan protes kenapa adegan tersebut dipotong, akhirnya adegan pasangan lesbian di film Lightyear dikembalikan. 

Baca Juga :   Pahlawan Lingkungan Asal Cikarang ini Bersihkan Sampah Tanpa pamrih

Melansir Variety, di kawasan Asia Tenggara, film-film yang berisikan adegan tentang seks dan LGBT, diketahui umumnya dipotong untuk memenuhi aturan sensor, Beauties. Namun, dalam film ini, Disney enggan atau tidak bisa ‘menuruti’ untuk memotong adegan yang diatur pada negara tersebut. 

Negara tetangga, Malaysia juga tidak akan menayangkan film Lightyear di bioskop mereka. Otoritas sensor negara, LPF, mengambil sikap yang sangat negatif terhadap film yang berisikan tema ataupun adegan LGBT. Sehingga, LPF menolak menayangkan

Tinggalkan Balasan