Ratusan Jamaah Haji Indonesia Meninggal Ketika Cuaca Panas Pengaruhi Kondisi!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Ratusan jemaah haji asal Indonesia telah meninggal dunia selama berada di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. Cuaca panas ekstrem yang melanda wilayah Mekah dan Madinah menjadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi kesehatan para jemaah.

Menurut data dari Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Nasrullah Jasam, hingga tanggal 18 Juni 2024, telah 138 jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia.

Meskipun belum ada jemaah yang tercatat meninggal karena heatstroke (serangan panas) secara langsung, cuaca panas ekstrem tetap memberikan pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan para jemaah.

Faktor utama yang menyebabkan kematian jemaah haji Indonesia di antaranya adalah:

  • Penyakit bawaan: Sebagian besar jemaah yang meninggal dunia memiliki penyakit bawaan seperti penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.
  • Dehidrasi: Cuaca panas yang ekstrem dapat menyebabkan dehidrasi yang parah, terutama bagi jemaah yang lansia dan memiliki kondisi kesehatan tertentu.
  • Kelelahan: Ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat dan stamina yang prima. Jemaah yang kelelahan akibat cuaca panas dan padatnya aktivitas ibadah rentan mengalami gangguan kesehatan.

Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk membantu para jemaah haji, di antaranya:

  • Membagikan air minum dan makanan: Jemaah haji dibagikan air minum dan makanan secara rutin untuk mencegah dehidrasi.
  • Memberikan layanan kesehatan: Tim medis dari Indonesia disiagakan untuk memberikan layanan kesehatan kepada para jemaah haji.
  • Memberikan imbauan: Jemaah haji diimbau untuk selalu memakai masker, pelindung kepala, dan pakaian yang longgar untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Meskipun cuaca panas menjadi salah satu tantangan bagi jemaah haji tahun ini, diharapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan, jumlah jemaah yang meninggal dunia dapat diminimalisir.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Media Asing Ramai Sorot Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

Mediapasti.com – Ramai-ramai media asing memberi sorotan ke Indonesia. Kali ini soal diangkatnya keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Perekonomian RI.

RI Kutuk Resolusi Israel Yang Menolak Pembentukan Negara Israel

Mediapasti.com – Pemerintah Indonesia mengutuk keras resolusi yang disahkan parlemen Israel soal penolakan pembentukan negara Palestina. Pemerintah menilai resolusi tersebut dapat melemahkan solusi dua negara.

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia