Tak Ingin Seperti di Konser Lain, Polisi Batasi Jumlah Penonton Soundfest Bekasi

You are currently viewing Tak Ingin Seperti di Konser Lain, Polisi Batasi Jumlah Penonton Soundfest Bekasi

Mediapasti, BEKASI UTARA – Polres Metro Bekasi Kota memastikan, kapasitas area dengan jumlah penonton konser musik Soundfest Bekasi telah sesuai.

Hal ini disampaikan Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, dia mengatakan, pihaknya membatasi jumlah penonton setiap harinya maksimal 8.000 orang.

“Memang kami batasi maksimal 8.000, sedangkan areanya bisa numpang sampai 18 ribu,” kata Rama usai pimpim apel pengamanan Soundfest, Sabtu (5/11/2022).

Tujuan dibatasi lanjut Rama, agar ribuan penonton yang hadir dalam satu waktu masih bisa bergerak supaya tidak terjadi desak-desakan.

“Kenapa dibatasi? Biar ada slot ruang bergerak biar enggak berdesakan seperti di tempat lainnya,” jelasnya.

Soundfest Bekasi berlangsung di Lapangan Parkir Summarecon Bekasi, diselenggarakan selama dua hari 5 dan 6 November 2022.

Dalam dua hari penyelenggaraan, jumlah penonton yang hadir diprediksi mencapai 14 ribu orang.

Tiket dijual secara daring, di lokasi hanya ada loket penukaran buktian pembelian.

“Enggak ada (tiket beli di tempat), kami minta panitia jual secara online,” tegasnya.

Memperketat Pengamanan

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra mengatakan, pihaknya memperketat penjagaan kegiatan acara dengan perbanyak jumlah personel.

“Hari ini kami personel gabungan, ada TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan pengamanan internal hampir 800 personel untuk pengamanan kegiatan ini,” kata Rama usai pimpim apel pengamanan, Sabtu (5/11/2022).

Dengan jumlah personel sebanyak itu, pihaknya memastikan seluruh sektor area konser diisi personel pengamanan.

“Jadi seluruh sektor baik di luar maupun di dalam semua terploting, termasuk lalu lintasnya,” tegas dia.

Peningkatan pengamanan lanjut dia, dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti desak-desakan atau kekacauan pergerakan ribuan penonton.

“Kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena namanya konser kerumunan dan keramaian, seperti kejadian di beberapa tempat,” tegas dia.

Baca Juga :   Libur Panjang Kades Karang Satu Cikarang Adakan Goes Gobar

Jumlah personel yang diterjunkan kata Rama, telah sesuai dengan skala acara yang berlangsung di area terbuka.

Personel kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi juga disiagakan untuk mengantisipasi penonton yang pingsan atau sakit.

“Makanya kami upayakan jumlah personel balance (seimbang), karena penonton diperkirakan hampir 15 ribu orang untuk dua hari, jadi per harinya 7.500-8.000 orang,” tegas dia.

Tinggalkan Balasan