Tampilan Terbaru yang Mewah terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Dengan Gaya Bali

You are currently viewing Tampilan Terbaru yang Mewah terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Dengan Gaya Bali

Mediapasti – Jelang KTT G20, Bali kian bersolek dengan membuka Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Tampilannya modern dengan sentuhan khas Bali.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai pada Rabu (9/11).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilakukan untuk mendukung G20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah dan memegang presidensi pada tahun ini.

“Kita ingin memberikan kesan yang baik karena terminal VVIP ini menjadi tempat singgah sementara dan pertemuan dari para tamu penting negara,” kata Budi.

Revitalisasi terminal dibangun kurang lebih 3,5 bulan. Ini merupakan hasil kolaborasi Kemenhub, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Kemenkeu, arsitek Bali dan pihak terkait lainnya.

Adapun untuk ruang lingkup pekerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi beautifikasi terminal VVIP (eksisting), pembangunan terminal VVIP (baru), penataan lansekap dan service road (baru) dan realokasi EMPU kargo dan bangunan lainnya.

Dari hasil revitalisasi, terlihat wajah baru Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang makin rupawan. Bangunan terlihat moderen namun tetap ada sentuhan tradisional khas Bali.

Bangunan dan desain interior bandara terinspirasi dari bangunan asal Bali bernama Wantilan yang memiliki arti bangunan tempat pertemuan masyarakat adat Bali.

Di dalam bangunan juga ditampilkan lukisan-lukisan minimalis dengan ukiran Bali sebagai budaya universal. Hal ini dinilai penting karena nantinya para kepala negara akan melihat bangunan tersebut.

Selain Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Bali juga memiliki 3 pelabuhan baru, yaitu Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Sampalan, dan Pelabuhan Bias Munjul.

Budi Karya berharap, hadirnya ketiga pelabuhan itu dapat mempermudah wisatawan mancanegara saat ingin berwisata ke Nusa Penida.

Tinggalkan Balasan