Kominfo Beberkan Nasib Data RI! PDN Tumbang Akibat Serangan Hacker

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.comPDN Sementara 2 yang berlokasi di Surabaya mengalami serangan ransomware BrainChip sejak Kamis (20/6/2024) dan melumpuhkan layanan publik, termasuk keimigrasian.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengatakan PDN tetap berjalan. Proyek tidak mungkin ditunda karena kasus serangan ransomware yang terjadi sejak Kamis (20/6/2024).

“Tentu saja, proyek PDN tetep jalan, ini enggak mungkin istilahnya tunda ataupun gegara kasus ini kita jangan pakai PDN lagi, saya kira tidak begitu karena ini konsekuensi transformasi digital yang kita lakukan,” ungkap dia, ditemui di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Dia memastikan keamanan data terus ditingkatkan. Kejadian tersebut akan jadi pembelajaran dan evaluasi.

“Keamanan data kita tingkatkan, ini jadi pembelajaran dan evaluasi. Di dunia siber semua paham kalau yang namanya soal keamanan data itu concern semuanya karena di dunia digital itua tidak ada tempat yang aman,” jelas Nezar.

Rencananya pemerintah menyiapkan PDN di tiga lokasi. Salah satunya di Cikarang yang akan diresmikan pada Agustus mendatang.

Dua lokasi lainnya adalah di Batam dan ibu kota Nusantara (IKN). PDN di Batam rencananya akan mulai dibangun akhir 2024 atau awal tahun dengan dengan perkiraan penyelesaian selama dua tahun mendatang.

PDN Sementara diserang ransomware Brain Cipher. Sejak diketahui minggu lalu, hingga sekarang PDNS belum kembali pulih.

Dari 282 data Kementerian, Lembaga dan Daerah yang ada di sana sekitar 44 data sudah kembali pulih. Sementara sisanya masih menunggu monitoring.

Pemulihannya, Nezar mengatakan dengan melakukan migrasi data. Dia menjelaskan untuk membuka data yang ada di dalam PDNS harus membayar tebusan, namun opsi itu tak akan dilakukan pemerintah.

“Kita tidak melakukan yg soal opsi bayar tebusan itu, tapi kita lakukan langkah mitigasi untuk menyelamatkan data-data yg ada,” kata Nezar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Media Asing Ramai Sorot Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

Mediapasti.com – Ramai-ramai media asing memberi sorotan ke Indonesia. Kali ini soal diangkatnya keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Perekonomian RI.

RI Kutuk Resolusi Israel Yang Menolak Pembentukan Negara Israel

Mediapasti.com – Pemerintah Indonesia mengutuk keras resolusi yang disahkan parlemen Israel soal penolakan pembentukan negara Palestina. Pemerintah menilai resolusi tersebut dapat melemahkan solusi dua negara.

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia