Jokowi Tunda Pindah IKN Akibat Infrastruktur Yang Belum Siap!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunda kepindahannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Musababnya, sejumlah infrastruktur belum siap. Namun, Kepala Negara dijadwalkan memimpin upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di sana pada 17 Agustus 2024.

Lantas, sejauh mana progres pembangunan ibu kota baru yang dilaporkan Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN? Berikut ulasannya.

Kantor Presiden, Progres Capai 92 Persen

Akhir pekan lalu, Ketua Satgas IKN Danis Sumadilaga menyebut progres pembangunan kantor presiden sudah mencapai 92 persen. Pekerjaan yang masih berlangsung adalah pemasangan bilah sayap garuda di sisi kanan dan kiri yang sempat terhambat karena cuaca. 

“Masalahnya, hujan. Itu kan di ketinggian, ada (potensi) hujan dan petir,” kata Danis ketika ditemui di Kompleks Kementerian PUPR Jumat, 5 Juli 2024. Namun, ia menargetkan pekerjaan itu rampung di pekan kedua bulan ini.

Air Bersih Segera Comissioning

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan air bersih masuk Ibu Kota Nusantara atau IKN sebelum pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman (SSPIP) Kementerian PUPR Pandu Gunadi Atmosukarto mengatakan comissioning atau pengujian air bersih di ibu kota baru akan segera dilakukan. “Kami sedang menunggu penugasan,” kata Pandu ketika ditemui usai rapat bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 9 Juli 2024.

Pandu optimistis air bersih mengalir ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sebelum 17 Agustus 2024. Sebab menurutnya, comissioning tidak membutuhkan waktu lama. Paling tidak, tiga hingga lima hari. Proses ini mencakup pengecekan secara bertahap di semua tempat. Salah satunya, untuk memastikan tidak ada kebocoran. “Prinsipnya, banyak yang dites,” ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Satgas IKN Danis Sumadilaga juga mengatakan comissioning air bersih ke IKN akan dilaksanakan 10 Juli atau pada pekan kedua bulan ini. Pengujian akan dimulai dari dry test, wet test, dan seterusnya.

Baca Juga :   DESA KARANG MUKTI KEC KARANG BAHAGIA DAPAT PENGHARGAAN DARI KEMENDES SEBAGAI DESA TERBAIK.

Selanjutnya: 3 Ruas Tol Bisa Difungsionalkan pada Agustus 2024

Tiga Ruas Tol Bisa Difungsionalkan pada Agustus

Salah satu infrastruktur dasar yang ditargetkan bisa digunakan saat pelaksanaan HUT Kemerdekaan adalah jalan tol. Danis menyebut pihaknya saat ini fokus pada pembangunan Tol IKN ruas 3A, 3B, dan 5A. Jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Danis mengklaim pembangunan ketiga ruas tol tersebut berjalan bagus. “Sudah diaspal,” kata dia ketika ditemui di Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 5 Juli 2024. Kementeriannya menargetkan “Target kami, pokoknya akan (difungsionalkan) satu jalur, satu arah, tiga lajur. Itu sudah 90 persen.”

Kantor Kemenko dan Tower ASN Siap Difungsionalkan

Danis menuturkan sebanyak 12 Tower Aparatus Sipil Negara (ASN) akan digunakan sebagai tempat penginapan para petugas upacara. Begitu pula dengan Kantor Kemenko 1. Pihaknya akan menambah kamar mandi portabel. 

“Intinya, hunian-hunian itu atau kantor akan digunakan untuk mendukung upacara dulu. Baru setelah 17 Agustus, yang 12 tower untuk ASN,” tutur Danis. 

Memorial Park Ditargetkan Rampung 16 Agustus

Salah satu proyek yang ditargetkan rampung sebelum HUT ke-79 Kemerdekaan RI adalah Memorial Park. Hal ini disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, akhir bulan lalu.

“Ini adalah event penting, harus bisa dan harus semangat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika meninjau IKN pada Senin, 24 Juni 2024, dikutip dari keterangan tertulis.

Basuki menuturkan, Memorial Park dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia. Memorial Park akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara, yang akan menjadi point of view di IKN dan mampu menarik masyarakat maupun tamu yang berkunjung ke IKN. Pemerintah menganggarkan Rp355 miliar untuk membangun proyek ini.

Baca Juga :   Alasan Nasdem Tak Diundang dalam Pertemuan Parpol Koalisi Jokowi

Rencananya, Beranda Nusantara akan digunakan sebagai lokasi HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia jika hujan turun. Karena itu, Basuki meminta agar proyek ini segera diselesaikan.

14 Rumah Menteri Sudah Siap

Ketua Satgas IKN Danis Sumadilaga mengatakan 14 dari 36 rumah dinas menteri di IKN rampung total bulan Juli. Fasilitas-fasilitas di rumah-rumah itu akan diisi lengkap dan siap digunakan. Namun, kata Danis, prosesnya akan dilakukan bertahap.

“Nanti di September dan Oktober, sudah siap semua 36 (unit rumah),” kata Danis, Jumat, 5 Juli 2024.

Sebagai informasi, rumah dinas menteri di IKN dibangun dengan luas sekitar 580 meter persegi di atas lahan seluas kurang lebih 1.000 meter persegi. Anggaran pembangunan satu unit rumah di ibu kota baru ini mencapai Rp14 miliar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Media Asing Ramai Sorot Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

Mediapasti.com – Ramai-ramai media asing memberi sorotan ke Indonesia. Kali ini soal diangkatnya keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Perekonomian RI.

RI Kutuk Resolusi Israel Yang Menolak Pembentukan Negara Israel

Mediapasti.com – Pemerintah Indonesia mengutuk keras resolusi yang disahkan parlemen Israel soal penolakan pembentukan negara Palestina. Pemerintah menilai resolusi tersebut dapat melemahkan solusi dua negara.

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia