Hasil Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana

You are currently viewing Hasil Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana

MEDIAPASTI.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sudah melaksanakan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Gianni Infantino itu diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (18/10/2022) siang WIB.

Komunikasi antara Jokowi dengan Gianni Infantino ini menjadi tindak lanjut dari tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam yang sudah menewaskan 133 orang.

Setidaknya terdapat tiga poin utama dari hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Gianni Infantino di Istana Merdeka pada Selasa (18/10/2022).

1. Transformasi Sepak Bola di Indonesia

Joko Widodo menyampaikan bahwa FIFA bersama dengan pemerintah sudah bersepakat bakal melakukan perombakan besar dalam sepak bola Indonesia.

Menurut Jokowi, komitmen itu dibuat agar insiden tragis seperti di Stadion Kanjuruhan tidak kembali terjadi di Indonesia.

“Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh, memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA,” ucap Jokowi.

“Baik pemain atau penonton harus terjamin kemanan dan keselamatannya. Untuk itu, kami sepakat mengkaji kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” kata Jokowi menambahkan.

Penyelenggaraan Piala Dunia U20

Joko Widodo dan Gianni Infantino juga membicarakan mengenai kelanjutan perhelatan Piala Dunia U20 2023 yang direncanakan di Indonesia.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa Indonesia bakal batal menjadi tuan rumah karena insiden tragis di Stadion Kanjuruhan.

Akan tetapi, Jokowi sudah memastikan bahwa telah tercapai kesepakatan dengan FIFA untuk bersama mempersiapkan perhelatan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia dan FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U20 FIFA di Indonesia dapat berjalan dengan baik,” ujar Jokowi.

Baca Juga :   Dirgahayu Republik Indonesia 17 Agustus 1945 Dari MediaPasti.com

“Semua segi dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik, secara profesional,” katanya menambahkan.

Keamanan dan Kenyamanan Bagi Sepak Bola di Indonesia

Di lain sisi, Gianni Infantino menyadari bahwa Indonesia mempunyai sumber daya manusia yang tinggi dalam sepak bola.

Kondisi itu membuat Gianni Infantino merasa berhutang kepada para pencinta sepak bola di Indonesia.

Ia menuturkan pentingnya memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penggemar sepak bola di Indonesia.

“Ini (Indonesia) adalah negara sepak bola. Ini adalah negara di mana sepak bola menghadirkan gairah bagi lebih dari 150.000 orang,” kata Gianni Infantino.

“Saya bahkan akan mengatakan, hampir 300.000 orang saat ini menyukai sepak bola dan kami berhutang kepada mereka,” ujar Gianni Infantino.

“Ketika mereka pergi untuk melihat pertandingan, mereka harus aman dan terlindungi, dan kami akan menjaminnya karena kami telah sepakat untuk bekerja sama sebagai sebuah tim,” tuturnya lagi.

“Kami akan fokus pada pengoperasian stadion, perilaku penggemar, keterlibatan penggemar. Kami akan memerhatikan itu karena (stadion) menjadi faktor dalam terjadinya insiden (Kanjuruhan),” tutur Gianni Infantino.

Tinggalkan Balasan