Liverpool Kalahkan Ajax Dengan Skor 3-0

You are currently viewing Liverpool Kalahkan Ajax Dengan Skor 3-0

MEDIAPASTI.COM – Liverpool kembali menang dalam lanjutan Liga Champions 2022/2023 pekan ke-5 Grup A. Liverpool menang 3-0 atas tuan rumah Ajax Amsterdam di Johan Cruiff Arena, Belanda, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.

Liverpool berhasil unggul satu gol di babak pertama melalui gol yang dicetak oleh Mohamed Salah di menit ke-42.

Padahal sebelum gol ini, Ajax lebih banyak menguasai pertandingan dan membuat peluang, tetapi gagal menciptakan gol.

Liverpool kemudian menambah dua gol cepat di awal babak kedua. Darwin Nunez mencetak gol di menit ke-49, kemudian diikuti gol Harvey Elliott di menit ke-51.

Kemenangan ini memastikan Liverpool berada di peringkat ke-2 dengan koleksi 12 poin. Ajax tetap berada di peringkat ke-3 dengan baru mengoleksi tiga poin.

Pertandingan Babak Pertama

Ajax hanya perlu sampai menit ke-3 untuk menciptakan peluang emas. Steven Berghuis tidak dalam kawalan sama sekali untuk melepaskan tembakan. Nahas, arah tendangannya justru membentur mistar.

Sepuluh menit pertama jadi momen Ajax menguasai pertandingan. Liverpool tidak diberikan waktu untuk lama-lama menguasai bola. Hal ini memaksa Liverpool kerap melepas umpan panjang ke depan yang berakhir dengan perpindahan bola.

Ajax lagi-lagi mendapat peluang emas di menit ke-35. Dusan Tadic punya ruang dan waktu yang cukup untuk mengeksekusi tembakan. Trent Alexander-Arnold datang di waktu yang tepat dan dberdiri di posisi yang tepat untuk menghalau jalur tembakan Tadic.

Sampai di menit ke-40, Liverpool dan Ajax sama-sama kesulitan mengkreasikan peluang. Akan tetapi, Ajax jauh lebih pandai memanfaatkan garis pertahanan tinggi Liverpool.

Liverpool di luar dugaan mampu lebih dulu memecah kebuntuan di menit ke-42. Celah yang terbuka lebar di pertahanan Ajax berhasil dieksploitasi oleh Mohamed Salah. Ia menerima umpan trivela dari Jordan Henderson, sebelum mengeksekusinya dengan first time chip melewati kiper Remko Pasveer.

Baca Juga :   Adu Pinalti Menang, Persikasi Juara Soeratin U-17 Piala H.Umuh Muchtar 2021.

Menit ke-43 Liverpool nyaris menambah golnya, lagi-lagi dengan memanfaatkan pertahanan Ajax yang terbuka. Darwin Nunez yang terlepas bebas usai menerima umpan silang mendatar dari Roberto Firmino justru mengeksekusinya ke arah mistar. Kesempatan emas itu akhirnya terbuang percuma.

Lima menit terakhir sebelum babak pertama menjadi miliknya Liverpool. Dalam periode tersebut, The Reds sukses melepas tiga tembakan dengan salah satunya menjadi gol.

Liverpool benar-benar terselamatkan oleh gol Salah. Tim tamu sebenarnya tidak dalam performa terbaik karena kalah dominan dari Ajax. Hanya saja, tim tuan rumah yang kerap tak mampu memaksimalkan peluang harus gigit jari dengan ketertinggalan satu gol di jeda waktu.

Pertandingan Babak Kedua

Liverpool kembali mengejutkan publik tuan rumah. Di menit ke-49, Liverpool justru menambah gol keduanya dari situasi tendangan sudut. Nunez kali ini sukses membayar kegagalan pertamanya dengan menyundul bola meluncur masuk ke dalam gawang.

Tak butuh waktu lama bagi Liverpool untuk semakin memperlebar jarak jadi tiga gol. Kali ini pencetak golnya adalah Harvey Elliott di menit ke-51. Ia dengan mudah mengeksekusi peluang setelah menerima umpan matang dari Salah.

15 menit babak kedua berlangsung, Ajax berada dalam tekanan. Mereka tak lagi leluasa memegang bola dan pola serangannya jadi lebih kacau. Liverpool yang sudah unggul tiga gol pun langsung menurunkan tempo permainan.

Ajax benar-benar tumbang setelah babak kedua. Peluang lagi yang didapatkan Ajax baru datang di menit ke-68. Kenneth Taylor yang baru masuk mendapatkan umpan cutback, ia berdiri bebas saat datang dari lini kedua. First-time shotnya malah melambung dari gawang.

Pergantian tiga pemain Liverpool di menit ke-71 memberikan dampak dari sisi permainan. Ajax kembali memegang kembali permainan. Berkali-kali mereka mampu menembus daerah sepertiga akhir.

Baca Juga :   Christian Eriksen Tumbang Saat Laga Denmark Kontra Finlandia

Sayangnya, upaya tersebut hanya berakhir sampai di sana. Ajax tak punya produk akhir untuk bisa memberikan hiburan bagi para penggemarnya di pertandingan tersebut.

Liverpool yang sejak unggul tiga gol tidak terlalu buru-buru, membuat pertandingan berjalan dengan tempo yang sangat lambat. Tak ada lagi peluang-peluang emas tercipta.

Penurunan tempo permainan dan pergantian pemain telah membuat Liverpool kembali ke penampilan babak pertama. Untungnya Ajax juga tak mampu mengejar ketertinggalan.

Susunan Pemain

Ajax Amsterdam (4-3-3): Remko Pasveer; Jorge Sanchez, Jurrien Timber, Daley Blind (Owen Wijndal 57’), Calvin Bassey; Davy Klaassen (Mohammed Kudus 57’), Edson Alvarez (Florian Grillitsch 85’), Steven Berghuis (Chico Conceicao 85’); Steven Bergwijn, Brian Brobbey (Kenneth Taylor 63’), Dusan Tadic (c).
Pelatih: Alfred Schreuder

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 87’); Jordan Henderson (c) (James Milner 71’), Fabinho (Steven Bajcetic 71’), Harvey Elliott (Fabio Carvalho 71’); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Darwin Nunez (Curtis Jones 63’).
Pelatih: Jurgen Klopp

Tinggalkan Balasan