Bos BCA Masih Pertimbangkan Salurkan Kredit Kendaraan dengan DP Nol Persen

Bos BCA Pertimbangkan Kredit Kendaraan DP Nol Persen
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

TEMPO.COJakarta – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA, Jahja Setiaatmadja, menyatakan pihaknya masih mempertimbangkan penyaluran kredit kendaraan ramah lingkungan dengan uang muka nol persen yang akan berlaku efektif pada 1 Oktober 2020 mendatang.

Pasalnya, menurut Jahja, harga hingga ketersediaan baterai pengganti untuk kendaraan ramah lingkungan hingga kini masih belum memadai. “Kami pelajari dulu, kalau bisa ya kami terapkan,” katanya ketika dihubungi, Sabtu, 23 Agustus 2020.

Jahjya menjelaskan, hingga kini BCA belum pernah menyalurkan kredit untuk kendaraan ramah lingkungan. Kalaupun ada, jumlahnya akan sangat kecil karena harga jual kendaraan ramah lingkungan yang jauh lebih mahal ketimbang kendaraan berbahan bakar minyak.

Pernyataan Jahja menanggapi keputusan Bank Indonesia memangkas uang muka kredit kepemilikan kendaraan bermotor menjadi nol persen (DP Nol Persen). Pemangkasan uang muka itu untuk kendaraan bermotor yang berwawasan lingkungan dan berlaku mulai 1 Oktober 2020.

Dalam menerapkan kebijakan DP Nol Persen ini, Bank Indonesia menerapkan syarat pada bank. Keputusan ini tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian, termasuk hanya berlaku bagi bank-bank yang mempunyai rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) di bawah 5 persen.

Sebelumnya, kendaraan roda dua memiliki down payment 10 persen, kendaraan roda tiga atau lebih yang nonproduktif memiliki DP 10 persen, dan kendaraan roda tiga atau lebih yang produktif memiliki DP dari 5 persen. Dengan ketentuan ini, kendaraan roda dua atau lebih akan memiliki down payment 0 persen.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan pada prinsipnya perseroan mendukung berbagai upaya regulator dan otoritas perbankan dalam rangka membangkitkan kembali geliat perekonomian nasional. Termasuk, lewat kebijakan Bank Indonesia yang berencana merelaksasi down payment untuk kendaraan ramah lingkungan.

Dalam menjalankan bisnis operasional perbankan, menurut Hera, BCA senantiasa berkomitmen untuk menyalurkan kredit secara prudent serta mempertimbangkan prinsip kehati-hatian. “Terkait penerapan kebijakan tersebut, BCA senantiasa melakukan koordinasi dengan regulator dan otoritas perbankan,” ucapnya.

Baca Juga :   Peringatan Keras Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo Tegaskan Terapkan Prokes

SUMBER : https://bisnis.tempo.co/read/1378682/bos-bca-masih-pertimbangkan-salurkan-kredit-kendaraan-dengan-dp-nol-persen/full&view=ok

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia

Akibat Hujan Deras Sekali Jokowi Batal Ngantor Di IKN Bulan Ini

Mediapasti.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui masih melihat kesiapan infrastruktur terkait rencana untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan ini. Jikalau memang infrastruktur