Perternakan Pemerintah Kabupaten Bekasi Proyek Percontohan Pembibitan kambing

You are currently viewing Perternakan Pemerintah Kabupaten Bekasi Proyek Percontohan Pembibitan kambing

MEDIAPASTI.COM , BEKASI , Dinas Pertanian dan Perternakan Pemerintah Kabupaten Bekasi, mengembangkan proyek percontohan pembibitan kambing. Di desa Bojong Mangu Kecamatan Bojong Mangu

Diungkapkan oleh Yeni Aprilia, seorang Tenaga Harian Lepas (THL) pada Dinas Pertanian dan Perternakan. Bahwa pembibitan kambing sudah berjalan sejak tahun 2018 dengan kambing sebanyak 27 ekor dari tiga jenis kambing. Yakni kambing garut, ekor gemuk dan peranakan etawa

Saat ini, kambing ada 56 ekor.” Ujar Yeni, seorang honorer lulusan Universitas Jendral Sudirman jurusan perternakan, yang baru menjadi tenaga pengawas di Bojong Mangu pada Januari 2019. Rabu (14/10).

Sebagai tenaga pengawas pertenakan kambing dilingkungan Dinas Pertanian dan Pertenakan, dirinya dibantu oleh petugas kandang yang biasa dipanggil oleh Yeni dengan panggilan Mak. Yang membantunya memberikan pakan ternak.

Sedangkan tugas pokok Yeni adalah merawat kambing dari segi kesehatan seperti menyuntik dan membantu persalinan kambing betina yang akan melahirkan, membuat jadwal mengkawinkan kambing, menjadwalkan mengkawinkan kambing di masa birahi, mencukur bulu kambing dan membuat laporan berkala ke Bidang Perternakan pada Dinas Pertanian dan Pertenakan.

Dikatakan oleh Yeni, jika kambing banyak bulu, ditakutkan ada kutu. Asupan nutrisipun menjadi terbagi dua, untuk daging dan bulu.

“Sayangnya, bulu kambing yang telah dicukur belum dimanfaatkan.” Tutur Yeni, gadis asal Desa Karang Satria, Tambun Utara.

Pelatihan-pelatihan beternak kambing senantiasa dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pertenakan. Hanya karena kandang ternak kambing di Desa Bojong Mangu jauh dari kata memadai, peserta pelatihan yang datang kelokasi proyek percontohan masih terbatas.

“Insya Allah, nanti jika kandang kambing dipindah ke Kecamatan Cibarusah, Pelatihan ternak kambing dapat lebih maksimal.” Ujar Yeni.

Selain dari pemberian pelatihan ternak kambing. Salah satu visi Dinas Pertanian dan Perternakan adalah memberikan hibah kambing kepada masyarakat yang mau berternak kambing. Mengingat kebutuhan daging kambing di Kabupaten Bekasi cukup tinggi.

Baca Juga :   PENYEMPROTAN DISINFEKTAN LAPAS BULAK KAPAL BEKASI

“Tapi tidak sekarang, nanti jika kambingnya sudah banyak.” Tegas Yeni.

Kehadiran Yeni ditengah-tengah masyarakat Desa Bojong Mangu cukup dirasakan manfaatnya. Tidak jarang para perternak sapi dan kambing berkonsultasi dengan Yeni. Dari pakan hingga menyuntik.

“Ada rasa bangga dapat membantu masyarakat.” Ujar Yeni.

Dikisahkan oleh Yeni, dirinya sangat bersyukur dapat mengamalkan ilmunya bagi masyarakat Kab. Bekasi melalui Dinas Pertanian dan Pertenakan. Sekalipun sebagai THL.

“Tentunya saya juga berharap bisa menjadi PNS atau tenaga P3K dilingkungan Dinas Pertanian dan perternakan.” Harap Yeni ( RMD)

Tinggalkan Balasan