Indonesia & China Kompak Dukung Penuh Palestina Menjadi Anggota Tetap PBB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

China dan Indonesia mengumumkan kedua negara mendukung Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB menjelang pemungutan suara Dewan Keamanan PBB, Kamis (18/4/2024).

“Masing-masing China dan Indonesia akan mendukung sepenuhnya keanggotaan penuh Palestina di PBB,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kepada wartawan setelah pertemuan di Jakarta dengan rekan sejawatnya dari China, Wang Yi. 

Melansir Anadolu, mereka juga setuju solusi dua negara adalah kunci untuk menyelesaikan masalah Palestina dengan adil. “Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk melakukan de-eskalasi,” ujar Menlu Retno dalam pernyataan yang diterima Kompas TV.

Retno menjelaskan, pertemuan dengan Wang Yi dimanfaatkan untuk menguraikan upaya diplomatik Indonesia terkait masalah Israel-Palestina. “Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza, dan penyelesaian masalah Palestina secara adil melalui two state solutions,” ujarnya.

Menlu China Wang Yi mendesak Amerika Serikat (AS), sekutu kunci Israel, untuk “menyisihkan ego mereka, dan mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan oleh masyarakat internasional.” “Saya percaya pejabat pemerintah Amerika harus mempelajari pengetahuan dasar,” tambahnya.

Pada akhir Maret, AS abstain dari pemungutan suara, memungkinkan Dewan Keamanan PBB untuk meloloskan Resolusi 2728, yang menyerukan gencatan senjata segera selama sisa bulan suci Ramadan.

Namun, resolusi itu tidak dapat menghentikan Israel dari serangan bom yang terus-menerus terhadap rumah sakit dan struktur sipil lainnya di Gaza.

Wang mengatakan,”AS menyebut resolusi itu ‘tidak mengikat’, dan dunia sangat terkejut dengan apa yang dikatakan AS. Hal ini menunjukkan bahwa bagi AS, hukum internasional hanya alat yang mereka gunakan sesuai keinginan mereka. Piagam PBB telah menyatakan bahwa resolusi Dewan Keamanan mengikat bagi semua anggota PBB.”

Dewan Keamanan PBB akan melakukan pemungutan suara pada hari Kamis mengenai rancangan resolusi untuk Palestina menjadi anggota penuh PBB.

Baca Juga :   Pimpinan Media Pasti Merayakan Hari Ulang tahun Putrinya

Resolusi tersebut membutuhkan sembilan suara setuju untuk lolos dengan syarat bahwa tidak ada dari lima anggota tetap – AS, Inggris, Prancis, Rusia, dan China – memberikan suara menentang.

Setelah Palestina mendapat rekomendasi dewan, dibutuhkan suara mayoritas dua pertiga dari 193 anggota Majelis Umum PBB sebelum mereka bisa menjadi anggota penuh.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita