Penumpang Pesawat Asiana Airlines Buat Geger Sebab Buka Pintu Darurat Saat Masih Terbang diketinggian Sekitar 200 Meter

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Publik dibuat geger dengan aksi penumpang pesawat Asiana Airlines yang tiba-tiba membuka pintu darurat saat masih terbang di ketinggian sekitar 200 meter. Berikut kronologi dari aksi yang dilakukan oleh seorang pria berusia 30-an asal Korea Selatan (Korsel) itu. Pria asal Korsel tersebut menaiki pesawat jenis Airbus A321-200 milik Asiana Airlines dengan rute Pulau Jeju menuju Daegu, Korsel pada Jumat (26/5/2023). Kemudian, sekitar dua atau tiga menit sebelum pendaratan, pria asal Korsel yang duduk di sebelah pintu darurat tiba-tiba menarik tuas hingga pintu tersebut akhirnya terbuka lebar.

Padahal saat itu, pesawat masih sekitar 200 meter (656 kaki) dari tanah.

Berdasarkan dari gambar-gambar tampak yang terbuka adalah pintu darurat pesawat yang berada di dekat sayap kiri.

Setelah diamankan, pria asal Korsel itu mengaku alasan dia membuka pintu darurat tersebut karena merasa tidak nyaman. Ia mengaku membuka pintu pesawat itu karena ingin cepat-cepat turun dari pesawat, sebagaimana dikutip dari Kantor Media Korea Selatan, Yonhap. Pria tersebut diduga sedang dalam kondisi tertekan karena baru saja kehilangan pekerjaan.

Akibat aksi lelaki berusia 30 tahun itu, sebanyak sembilan penumpang dibawa ke rumah sakit akibat gangguan pernapasan. Hal ini karena aksi pembukaan pintu darurat saat pesawat masih di atas ketinggian 213 meter dari daratan telah menyebabkan kepanikan dari penumpang yang ada di dalamnya. Dari video yang beredar, tampak dibukanya pintu darurat menimbulkan angin yang bertiup kencang.

“Saya pikir pesawat itu akan meledak. Sepertinya penumpang di sebelah pintu terbuka pingsan,” kata seorang penumpang yang tidak diketahui identitasnya kepada Kantor Berita Yonhap. Berdasarkan informasi dari seorang pejabat departemen pemadam kebakaran Daegu, dikabarkan sembilan penumpang yang dilarikan ke rumah sakit semuanya remaja dan menderita masalah pernapasan. Namun semua penumpang itu tidak dirawat lama. Semua sudah meninggalkan rumah sakit setelah dirawat sekitar dua jam.

Baca Juga :   Israel Serang Masjid Al-Aqsa, Warga Palestina Banyak Yang Terluka

Pesawat Airbus A321-200 yang sempat menghebohkan itu akhirnya mendarat dengan selamat sekitar pukul 12.40 siang waktu setempat. Pria pelaku pembukaan pintu darurat itu kini ditahan oleh polisi. Sementara pihak berwenang sedang menyelidiki pelanggaran undang-undang keselamatan penerbangan. Seorang pejabat kementerian mengatakan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki apakah Asiana Airlines telah mengikuti protokol untuk mengelola pintu keluar darurat, sebagaimana dikutip oleh tvOnenews dari Reuters. Mantan petugas keselamatan kabin Korean Air Jin Seong-hyun mengatakan bahwa sejauh yang ia ketahui, insiden penumpang pesawat buka pintu darurat saat belum mendarat belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, pejabat kementerian perhubungan Korea Selatan pada Jumat (27/5/2023) mengatakan bahwa pintu darurat tersebut bisa terbuka karena tekanan di luar dan di dalam pesawat yang hampir sama pada saat itu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita