20 Unit Mobil Damkar Dikerahkan Untuk Jinakan Kebakaran di Jl Kebayoran Lama Jakbar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Kebakaran terjadi di Jalan Kebayoran Lama, Jakarta Barat. Sebanyak 20 unit mobil damkar dikerahkan.

Command center damkar Jakbar menerima laporan kebakaran pukul 11.55 WIB, Minggu (30/10/2022). Objek yang terbakar disebut bukan hanya rumah warga.

“Update terakhir nggak cuma rumah aja. Kemungkinan ada ruko juga,” ujar petugas command center Damkar Jakbar, kepada wartawan.

Titik api diterangkan di belakang RS Permata Hijau, persisnya Jalan Raya Kebayoran Lama. Total ada 100 personel yang turun ke lokasi memadamkan api.

Akibat peristiwa kebakaran di Kebayoran Lama, lalu lintas di sekitar lokasi tersendat. Terutama lalu lintas di sekitar Halte Permata Hijau RS Medika di Jalan Raya Kebayoran Lama.

Peristiwa kebakaran ini juga menjadi tontonan warga sekitar. Beberapa warga menaiki halte TransJakarta ataupun berdiri di area sekitar lokasi.

Pantauan detikcom, Minggu (30/10) pukul 13.53 WIB, terlihat bara api masih menyala di tengah puing-puing kebakaran. Tampak pula asap hitam pekat membumbung tinggi.

Kebakaran di Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Barat, sempat menyambar ke genset Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Sejumlah pasien Rumah Sakit Medika Permata Hijau dievakuasi ke masjid hingga rumah sakit terdekat.

“Api sangat besar sekali dan berpotensi menjalar ke RS. Alhamdulillah kita bisa cover dengan air tidak putus namun hanya genset terbakar, tapi tidak melebar jauh,” kata Kasie Ops Damkar Jakarta Barat Syariffudin saat ditemui di lokasi, Minggu (30/10).

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (30/10) pukul 15.05 WIB, titik kebakaran berdekatan dengan Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

Total ada 28 pasien RS Medika Permata Hijau dievakuasi. Sebanyak 27 orang dievakuasi di Masjid Asy-Syukur yang lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari RS.

Baca Juga :   Hujan Gol, 5 Pemain Persija Tampil Gemilang

“Untuk gedung RS aman, pasien dievakuasi di masjid depan RS kurang lebih 28 pasien,” ujar Kasie Ops Damkar Jakarta Barat Syariffudin di lokasi, Minggu (30/10).

Tampak puluhan pasien beristirahat sambil didampingi oleh wali masing-masing. Pasien masih memakai selang infus dan mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan.

Beberapa pasien tampak duduk di karpet masjid. Ada pula pasien yang dibawa dengan tempat tidur sambil memakai oksigen.

Para tenaga kesehatan sempat mencoba membawa kembali pasien ke ruang perawatan di rumah sakit menggunakan kursi roda.

Namun, karena asap masih mengepul bagian dalam rumah sakit, pasien dikembalikan lagi ke masjid.

Sedangkan satu pasien membutuhkan perawatan intensif dirujuk ke RS Pelni.

“Karena kondisi sakitnya. Jadi di sini nggak bisa ditangani, jadi harus ada tindakan medis. Jadi karena tak ter-backup dipindah RS,” terangnya.

Syariffudin menyampaikan total sebanyak 37 unit mobil damkar sektor Jakarta Selatan dan Jakarta Barat meluncur ke lokasi memadamkan api. Petugas berjibaku mencegah api menjalar ke rumah sakit (RS) Medika Permata Hijau.

“Kebakaran cukup besar dan kita mengcover untuk penjalaran di rumah sakit agar RS tidak terbakar,” jelasnya.

Dia juga memastikan tak ada korban akibat peristiwa ini. Meski begitu sebanyak 28 pasien RS Medika Permata Hijau dievakuasi di masjid hingga rumah sakit terdekat lantaran genset rumah sakit tersambar api.

“Korban jiwa nggak ada, korban luka nggak ada. Aman semua,” terangnya.

Dampak kebakaran di Jalan Kebayoran Lama, Jakarta Barat, menghanguskan 40 lapak, 13 pintu kontrakan beserta 6 rumah permanen. Plt Camat Kebon Jeruk, Joko Suparno mengatakan sejauh ini ada 200 korban yang terdampak.

Adapun 200 korban berasal dari 50 keluarga. Rinciannya ialah 105 laki-laki dan 95 perempuan.

Baca Juga :   Kapolsek Tegal Selatan dicopot dari jabatannya

Joko memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Warga yang terdampak diungsikan sementara di kantor BPS Jakarta Barat yang lokasinya tak jauh dari TKP kebakaran.

“Untuk penanganan pasca-kebakaran tentunya penyelamatan jiwa dulu, untuk lokasi terdekat ada kantor BPS terdekat. Kita dirikan posko pengungsi,” kata Joko.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita