Erdogan Menegaskan Bahwa Negara Islam Harus Bersatu Untuk Melawan Serangan Israel!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.comInternasional – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan negara Islam harus bersatu melawan serangan Israel di Palestina.

Hal itu diungkapkan Erdogan saat bertelepon dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Jumat (7/4) dan berbicara soal kekerasan yang terjadi di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, pekan lalu.

“Dunia Islam harus bersatu menentang serangan Israel di Palestina,” bunyi pernyataan kantor Erdogan.

Dalam kesempatan itu, Erdogan juga mengajak Raisi “bersama-sama melanjutkan upaya di forum internasional terutama Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan PBB untuk mempertahankan status quo Al Aqsa.”

Sikap tegas Erdogan terhadap Israel ini muncul meski Turki baru memperkuat hubungan formalnya dengan Israel. Meski memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, Turki tetap menjadi salah satu negara yang paling vokal mendukung perjuangan Palestina untuk merdeka.

Para pejabat Turki juga telah memperingatkan Tel Aviv bahwa eskalasi di Masjid Al Aqsa dan Jalur Gaza bisa membuat hubungan Israel-Turki kembali memburuk.

Turki bahkan memperingatkan kemungkinan dampak pada hubungannya dengan Israel setelah serangan aparat Israel ke Masjid Al Aqsa pekan lalu.

“Turki tidak bisa tinggal diam menghadapi serangan ini. Menginjak-injak masjid Al Aqsa itu di luar batas kami,” kata Erdogan dalam momen terpisah pada pekan lalu.

“Palestina tidak sendirian,” ucapnya menambahkan seperti dikutip Times of Israel.

Erdogan bahkan menelepon langsung Presiden Israel Isaac Herzog pada Sabtu (8/4) lalu. Erdogan menyampaikan keluhan soal kekerasan di Masjid Al Aqsa pekan lalu, di mana aparat Israel menggerebek jemaah Muslim yang tengah beribadah di masjid tersebut hingga memukuli mereka.

Erdogan menegaskan insiden terbaru ini melukai hati nurani tak hanya umat Islam tetapi seluruh umat manusia. Erdogan menekankan Turki sama sekali tidak dapat tinggal diam menghadapi provokasi aparat Israel di masjid Al Aqsa tersebut.

“Ketegangan yang terjadi di Jalur Gaza dan Lebanon seharusnya tidak dibiarkan tereskalasi,” ucap Erdogan seperti dikutip kantor berita Anadolu.

Erdogan juga menggarisbawahi bahwa seruan kelompok radikal Yahudi untuk menyerang Masjid Al Aqsa memicu reaksi dan kekhawatiran.

Dalam pernyataan terpisah, Erdogan mengecam aksi polisi Israel di Masjid Al Aqsa pada pekan lalu. Menurutnya, kekerasan aparat Israel di kawasan itu sudah kelewat batas bagi Turki.

“Saya mengutuk tindakan keji terhadap masjid yang menjadi kiblat pertama umat Islam atas nama negara dan rakyat saya, dan saya menyarankan agar serangan dihentikan secepat mungkin,” ujar Erdogan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita