Panas Perang Arab! Hizbullah Kirim Serangan Udara Terbesar Ke Israel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Kelompok Hizbullah Lebanon melancarkan operasi udara terbesar mereka, dengan mengirimkan drone-drone bersenjata ke basis intelijen militer Israel di puncak gunung di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Insiden ini adalah yang terbaru di tengah peningkatan serangan lintas perbatasan yang telah memicu kekhawatiran global.

Hezbollah, sekutu Hamas yang didukung Iran, telah melakukan tembak-menembak hampir setiap hari dengan pasukan Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel yang memicu perang baru di Jalur Gaza.

Mengumumkan “operasi terbesar” yang dilakukan oleh kekuatan udaranya, Hezbollah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejuangnya mengirim “skuadron drone yang berulang kali dan berturut-turut untuk menargetkan pusat pengintaian” di Gunung Hermon.

Militer Israel mengatakan sebuah drone bersenjata “jatuh di area terbuka di wilayah Gunung Hermon” tetapi tidak ada korban luka. Serangan serta retorika telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir, mendorong kekhawatiran akan konflik besar-besaran antara Israel dan Hizbullah yang terakhir kali berperang pada tahun 2006.

Kelompok Lebanon tersebut mengatakan serangan drone pada Minggu (7/7/2024) itu adalah bagian dari “tanggapan” atas pembunuhan seorang anggota operatif mereka dalam serangan pada Sabtu yang terjadi jauh di timur Lebanon, sekitar 100 kilometer dari perbatasan.

Serangan di Gunung Hermon tersebut menargetkan sistem intelijen, “menghancurkannya dan memicu kebakaran besar,” kata Hezbollah.

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengunjungi pasukan di Gunung Hermon pada Minggu. Dalam dua pernyataan tambahan, militer Israel mengatakan bahwa pertahanan udaranya “berhasil mencegat” beberapa “target udara” yang melintasi perbatasan dari Lebanon setelah sirene berbunyi di wilayah Dataran Tinggi Golan.

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada tahun 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah langkah yang sebagian besar tidak diakui oleh komunitas internasional. Serangan Israel pada hari Sabtu menewaskan “seorang operatif kunci di Unit Pertahanan Udara Hezbollah,” kata militer.

Baca Juga :   Viral Diduga Akibat Tidak Tranparansi Program Rutilahu, Ketua LPM Jadi Sorotan Masyarakat di Desa Sukaindah Kab Bekasi

Sepanjang hari Minggu, Hizbollah mengumumkan empat serangan lagi terhadap situs-situs militer Israel di seberang perbatasan dengan hujan roket serta beberapa rudal yang dipandu. Otoritas Israel melaporkan empat orang terluka.

Gallant, dalam sebuah video dari Gunung Hermon, mengatakan bahwa “meskipun ada gencatan senjata” di Gaza, “kami akan terus bertempur dan melakukan segala yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan” dalam kampanye melawan Hizbollah.

Kekerasan lintas perbatasan ini telah menewaskan setidaknya 497 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang tetapi juga termasuk 95 warga sipil, menurut hitungan AFP.

Di sisi Israel, setidaknya 16 tentara dan 11 warga sipil telah tewas, menurut otoritas. Puluhan ribu penduduk telah mengungsi dari daerah perbatasan di Lebanon selatan dan Israel utara.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Media Asing Ramai Sorot Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

Mediapasti.com – Ramai-ramai media asing memberi sorotan ke Indonesia. Kali ini soal diangkatnya keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Perekonomian RI.

RI Kutuk Resolusi Israel Yang Menolak Pembentukan Negara Israel

Mediapasti.com – Pemerintah Indonesia mengutuk keras resolusi yang disahkan parlemen Israel soal penolakan pembentukan negara Palestina. Pemerintah menilai resolusi tersebut dapat melemahkan solusi dua negara.

Ditemukan Narkoba Di Jasad Wanita Membusuk Di Kos Jaktim

Mediapasti.com – Kematian wanita berinisial YY yang jasadnya ditemukan membusuk di indekos Cipayung, Jakarta Timur masih menyisakan misteri. Belum terang apa penyebab kematian wanita berusia