Pemimpin 3 Matra TNI Sudah Lengkap Usai Jokowi Lantik Laksamana M Ali

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI.COM – Muhammad Ali kini resmi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Kini tiga pemimpin di tiga Matra TNI sudah terisi.

Usai dilantik, Ali mendapat kenaikan dan resmi berpangkat Laksamana. Ali dilantik sebagai KSAL menggantikan Laksamana Yudo Margono yang sebelumnya ditunjuk menjadi Panglima TNI.

Pelantikan Ali berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022).

Jokowi mengungkapkan alasan penunjukan Laksamana Muhammad Ali menjadi KSAL. Jokowi berbicara rekam jejak panjang Ali di TNI AL.

“Selalu, selalu saya melihat rekam jejak. Beliau ini kan pernah di Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Ali pernah mengemban sejumlah jabatan penting. Kepemimpinan Ali juga menjadi salah satu pertimbangan Jokowi.

“Ini apa pengalaman rekam jejak itu menjadi selalu saya lihat dan beliau memiliki leadership yang baik,” ujar Jokowi.

Diminta Fokus Jaga Kedaulatan

Jokowi meminta Ali berfokus menjaga kedaulatan negara. Salah satu yang ditekankan Jokowi adalah pulau perbatasan di Indonesia.

“Kita tahu dua pertiga Indonesia ini adalah air, adalah laut. Jadi konsentrasi untuk kedaulatan negara, utamanya di laut, itu yang menjadi tanggung jawab besar dari KSAL yang baru, Pak Muhammad Ali, utamanya juga yang berkaitan dengan pulau-pulau perbatasan harus menjadi titik perhatian,” kata Jokowi.

Hal lain yang ditekankan Jokowi soal modernisasi alutsista. Jokowi ingin alutsista TNI AL diperkuat.

“Ya termasuk juga modernisasi alutsista kita yang berkaitan dengan laut, yang harus terus diperkuat,” ujar Jokowi.

Angkatan ke 35 AAL

Untuk diketahui, Ali merupakan angkatan ke-35 Akademi Angkatan Laut (AAL) yang lulus pada 1989.

Pendidikan militer yang pernah diikuti antara lain Dikpasiswa angkatan ke-2 (1990), Dikcawak Kasel (1990-1991), Kursus Ausbildung Waffengerat U Boote 206 (kapal selam U-206 di Jerman (1997), pendidikan Internasional PWO di Inggris (1998).

Baca Juga :   Lembaga Maluku utara Bersatu.Menggalang dana Untuk banjir bandang Di kepulawan sula... Sanana Maluku Utara

Kemudian, Submarine Warfaredi Inggris (1999), Diklapa II Koum angkatan ke-14 (2000), Sustekdikpa TNI AL (2001), Seskoal angkatan ke-40 (2003), Sus Danlanal TNI AL (2004), dan Lemhannas PPSA angkatan XXI (2017).

Ali juga pernah menjalani pendidikan umum S1 Ekonomi dan S2 Manajemen.

Ali juga aktif mengikuti simposium serta seminar nasional dan internasional di berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Korea Selatan, Bangladesh, dan lain-lainnya.

Ali memiliki sejumlah tanda jasa, antara lain Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Nararya, Satyalancana Kesetiaan XVI DAN XXIV tahun, Satyalancana Kesetiaan Dwidya Sistha dan Dwidya Sistha 1, Satyalancana Kebaktian Sosial, Satyalancana Wira Dharma, dan Satyalancana Dharma.

Sejumlah jabatan penting pernah diemban Ali, mulai Gubernur AAL, Asrena KSAL hingga Pangkogabwilhan I.

Ali memiliki pengalaman bertugas di kapal perang. Salah satunya pernah menjadi Komandan KRI Nanggala 402. Ia juga pernah menjadi Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI Wilhelmus Zakaria Johannes-332.

Hadir sejumlah pejabat dalam acara pelantikan itu di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Mensesneg Pratikno, dan Menhan Prabowo Subianto.

Selain itu, hadir pula Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurahman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia. Para perwira tinggi TNI AL juga hadir dalam acara itu.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Ali menjadi KSAL.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita