Kebijakan Pemerintah Membantu Penurunannya Angka Volume Arus Mudik

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan terjadi penurunan volume kendaraan di momen arus balik Lebaran Idul Fitri 2023. Dia mengatakan kondisi itu tak terlepas dari strategi yang dilakukan pemerintah.
“Dari hasil pengecekan, yang seharusnya hari ini adalah bagian dari puncak arus balik, tadi kita melihat bahwa terjadi (penurunan volume kendaraan), alhamdulillah,” kata Sigit kepada wartawan di Tol Jakarta-Cikampek Km 72, Selasa (25/4/2023).

Sigit mengatakan sebelumnya diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari ini dan Rabu (26/4) besok. Namun, menurut dia, volume kendaraan berkurang sekitar 13 persen setelah pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan.

Kebijakan untuk mengatur arus balik lancar di antaranya pemberian diskon, rekayasa lalu lintas hingga pengaturan-pengaturan terkait jalur-jalur keluar kendaraan. Rekayasa lalu lintas itu di antaranya one way, contraflow, hingga ganjil-genap yang akan diterapkan secara situasional.

Selain itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan lanjutan demi mendukung arus balik berjalan lancar. Kebijakan itu di antaranya memberikan cuti tambahan hingga menyatakan halalbihalal di instansi pemerintah dapat digelar pada Senin (1/5) pekan depan.

“Alhamdulillah kemarin pemerintah juga sudah mengumumkan untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN, dan ASN untuk menghindari arus balik, memberikan cuti ataupun cuti tambahan dan sebagaimana,” ucap dia.

“Dan kemudian juga setelah itu dari Bapak Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa untuk kegiatan halalbihalal di masing-masing instansi juga digeser di hari Senin, minggu depan, bukan minggu ini,” tambah Sigit.

Sigit menjelaskan, kebijakan-kebijakan itu dapat menurunkan volume kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Awalnya, diprediksi akan ada 203 ribu kendaraan yang mengarah ke Jakarta dalam arus balik ini.

Baca Juga :   Nasib Rafael Alun dan Eko Darmanto, Dipecat Kemenkeu Serta Copot Jabatan!

“Tentunya masih ada sisa waktu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga puncak arus balik yang kita perkirakan puncak arus balik yang kita perkirakan 203 ribu tersebut betul-betul bisa terdistribusi dalam beberapa hari ini,” kata dia.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita