Harga Minyak Goreng Turun, Sekarang Ayam & Telur Melambung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI.COM – Harga minyak goreng terpantau turun usai Hari Raya Idul Fitri. Namun kabar buruknya, harga sejumlah kebutuhan pokok lain melambung.

Mengutip catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga rata-rata minyak goreng kemasan bermerek I di pasar tradisional per 6 Mei 2022 adalah Rp 25.000/kg. Ini adalah yang termurah sejak 24 Maret 2022.

Sepertinya kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuahkan hasil. Pemerintah memutuskan melarang ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan berbagai turunannya per 28 April 2022 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Melalui kebijakan itu, pemerintah berharap pasokan CPO di dalam negeri memadai sehingga harga minyak goreng bisa turun. Sebelumnya, harga minyak goreng kemasan bermerek I di pasar tradisional sempat menyentuh Rp 27.050/kg, termahal sejak setidaknya 2016.

Meski berdampak positif, yaitu menurunkan harga minyak goreng, tetapi larangan ekspor CPO harus dibayar mahal. Tanpa pasokan dari Indonesia, produsen dan eksportir nomor satu dunia, harga CPO dunia melonjak tajam, bahkan sempat berada di titik tertinggi sepanjang sejarah. Namun Indonesia belum bisa memanfaatkan tingginya harga CPO, karena pemerintah masih melarang ekspor.

Demikian pula harga biangnya telur, yakni ayam. Per 6 Mei 2022, harga rata-rata daging ayam ras di pasar tradisional mencapai Rp 41.250/kg. Tertinggi sejak 2018.

Kenaikan harga ayam dan telur tidak lepas dari tinggnya harga jagung, yang merupakan bahan baku pembuatan pakan ternak. Penyebabnya apa lagi kalau bukan perang Rusia-Ukraina.

Maklum, Rusia dan Ukraina masuk daftar negara produsen jagung terbesar dunia. Pada musim 2018/2019, Ukraina adalah negara produsen jagung terbesar keenam dunia. Sementara Rusia menempati urutan 10.

Perang menyebabkan produksi dan distribusi jagung terhambat. Josef Schmidhuber, Deputi Direktur Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), menyebut perang membuat produksi pangan tidak bisa keluar dari pelabuhan.

Baca Juga :   BANK BRI KCP SGC CIKARANG ADAKAN ACARA SYUKURAN DAN DOA BERSAMA DI AKHIR TAHUN 2020

“Situasi yang buruk di Ukraina membuat hampir 25 juta ton biji-bijian tidak bisa diekspor. Infrastuktur yang rusak dan blokade menjadi penyebabnya,” ungkap Schmidhuber, seperti dikutip dari Reuters.

Padahal, lanjut Schmidhuber, sebenarnya kondisi panen sedang bagus. Tingginya hasil panen akan membuat gudang-gudang penyimpanan akan penuh karena barang tidak bisa dijual.

“Meski ada perang, panen sepertinya tidak terlalu buruk. Jadi nantinya tempat-tempat penyimpanan akan penuh karena tidak ada jalur ekspor,” sambung Schmidhuber.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita