Jumlah Harta Mencurigakan, Wagub Lampung Dipanggil KPK

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim pada Rabu (17/5/2023).

Ia akan dimintai penjelasan terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengimbau supaya Chusnunia tidak mangkir saat pemanggilan klarifikasi tersebut.

Sebab, pemanggilan ini kata dia hanya untuk menjelaskan laporan LHKPN nya sebesar Rp 13,66 miliar.

“Benar besok Rabu 17 Mei KPK akan klarifikasi LHKPN wakil gubernur Lampung, sehingga harapannya yang bersangkutan hadir untuk diklarifikasi terkait dengan LHKPN nya oleh Direktorat LHKPN di bawah Kedeputian Pencegahan,” kata Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (15/5/2023)

Selain Chusnunia, KPK juga akan menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Reihana.

Kendati begitu, ia belum bisa mengungkap tanggal pasti pemanggilan.

Terkait Kepala Dinas Kesehatan kemarin kan sudah hadir ya dan nanti akan dijadwalkan kembali, tapi tadi terakhir informasi yang kami terima dari Direktorat LHKPN belum menjadwalkan ya. Jadi masih sinkronkan jadwal lebih dahulu,” tuturnya.

Ali Fikri menjelaskan, pemanggilan ulang ini masih terkait dengan tidak sesuainya antara data LHKPN yang disampaikan oleh Reihana dengan temuan yang dimiliki tim di Direktorat LHKPN.

Maka untuk menyesuaikannya perlu pemeriksaan lanjutan.

“Itu harus dibuktikan secara aspek hukumnya, termasuk juga tadi data palsu misalnya itu kan juga aspek hukumnya harus benar-benar di dalami,” tutur Ali Fikri.

“Dalam aspek penanganan perkara korupsi, misalnya dari penyelidikan dan penyidikan, kalau kemudian ada data yang tidak singkron justru kemudian itu sebuah temuan yang terus nanti kami dalami lebih lanjut,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan LHKPN, Ali Fikri mengatakan, tentu hasilnya akan menjadi acuan apakah akan berlanjut ke tahap penyelidikan hingga penyidikan.

Baca Juga :   Depresi Seorang Pria di Kedungwaringin Gantung Diri Meninggal Dunia

Menurutnya ini serupa dengan proses penanganan hukum terhadap Rafael Alun Trisambodo, mantan pejabat eselon III di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

“Sama ketika dulu klarifikasi LHKPN, RAT ternyata banyak temuan banyak data yang tidak sinkron sehingga kemudian kami dalami dari data Kedeputian Penindakan, tim penyelidikan, kemudian dari alat bukti yang ditemukan ke penyidikan,” ucap Ali.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan LHKPN juga akan ditelusuri aliran dana dari transaksi yang bersangkutan.

Ujungnya akan diperiksa hingga dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU)

“Aliran dananya kami telusuri, dan ternyata kemudian asetnya kemudian diduga sengaja disembunyikan disamarkan sehingga kami tetapkan TPPU,” kata Ali.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita