Liberty Media Resmi Membeli MotoGP

You are currently viewing Liberty Media Resmi Membeli MotoGP

Mediapasti.com – Benar, kabar itu betul. Liberty Media, pemilik ajang balap Formula 1 (F1), resmi mengakuisisi MotoGP pada 1 April 2024.

Dilansir dari berbagai sumber berita Indonesia, Liberty Media menggelontorkan dana sekitar Rp 72 triliun untuk membeli 86% saham Dorna Sports, selaku penyelenggara MotoGP [3, 4, 5]. Ini menandakan Dorna Sports kini hanya memegang 14% saham MotoGP.

Akuisisi ini menandai langkah Liberty Media untuk merambah lebih dalam ke dunia olahraga internasional, setelah sebelumnya mereka sukses dengan F1.

MotoGP resmi dibeli Liberty Media dari Dorna Sports membuat perusahaan asal Amerika Serikat itu menguasai dua balapan terbesar di dunia: MotoGP dan Formula One (F1).
“Liberty Media Corporation telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP. Akuisisi kejuaraan balap motor terkemuka dunia memperluas portofolio aset olahraga global berkualitas tinggi Liberty Media,” tulis pernyataan resmi MotoGP pada Senin (1/4) sore.

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara Rp72 triliun.

Meski resmi menjadi pemilik baru MotoGP, Liberty Media tetap memberi keleluasaan Dorna Sports untuk mengelola MotoGP, Moto2, dan Moto3. Bahkan Carmelo Ezpeleta tetap menjabat posisi sebagai CEO Dorna Sports.

“Perjanjian baru ini akan menjadikan Dorna Sports, pemegang hak komersial dan televisi eksklusif MotoGP, tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Formula One Group Liberty Media.”

“Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO [Dorna] sejak 1994 akan tetap pada posisinya dan terus menjalankan bisnis bersama tim manajemennya. Bisnis [Dorna] akan tetap berbasis di Madrid,” tulis pihak MotoGP.

Baca Juga :   Gempa Kuat Guncang Taiwan, Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami

Tinggalkan Balasan