Inilah Amalan Agar Puasa Meraih Pahala Maksimal

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Saat bulan Ramadhan tiba, umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

Selain itu, di bulan pernuh berkah ini juga umat muslim memanfaatkannya untuk memperbanyak amalan.

Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan tentu memiliki keistimewaan tersendiri.

Apalagi setiap amalan di bulan puasa ini menyediakan berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari hari lainnya.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang bisa menambah amalan Ramadhan. Berikut beberapa amalan yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan, seperti melansir dari Muslim Hands, Kamis (23/3/2022).

Mencari Pengampunan

Bulan Ramadhan merupakan salah satu sarana terbesar untuk memperkuat kadar keimanan setiap tahunnya. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pengampunan dari Allah SWT.

Selain itu, waktu ini merupakan waktu yang tepat pula untuk bermaaf-maafan dengan keluarga, saudara, dan teman terdekat.

Perbanyak Berzikir dan Berdoa

Membaca SubhanAllahi wa bihamdihi (Maha suci Allah dan segala puji hanya untuk-Nya) sebanyak seratus kali dalam sehari akan menghapus segala dosa yang telah diperbuat, bahkan jika dosa tersebut seluas lautan.

Pasti akan berat jika dilakukan sekaligus dalam satu hari. Namun, agar lebih mudah kamu bisa memecahnya menjadi dua puluh bagian. Dua puluh bagian itu bisa kamu pecah lagi menjadi sepuluh bagian pada sebelum salat dan sepuluh lagi setelah salat. Lalu, ulangi bacaan tersebut selama lima kali setelah Anda menunaikan salat fardu.

Perbanyak Bersedekah atau Beramal

Manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak beramal dan bersedekah. Jangan menunda untuk bersedekah apabila bisa Anda lakukan setiap saat. Sisihkanlah sedikit dari pengeluaranmu untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Allah SWT mencintai orang-orang yang beramal dan suka membantu saudaranya. Tak harus diberikan secara terbuka, Anda juga bisa memberikan sedekah secara diam-diam yang mungkin akan mendatangkan banyak kebaikan untukmu juga.

Baca Juga :   FIFA 23 Rilis Trailer, Pamerkan Berbagai Fitur Baru

Mengkhatamkan Alquran

Mungkin akan sangat sulit mengkhatamkan Alquran dalam jangka waktu satu bulan saja. Namun, Anda bisa memecahnya agar bisa lebih mudah.

Cobalah membaca 4-5 halaman setelah melakukan setiap salat fardu.

Pada akhir Ramadhan, kamu pun akan berhasil mengkhatamkan Alquran.

Perlu diingat bahwa Anda harus melakukannya secara konsisten setiap hari.

Mengapa Puasa di Bulan Ramadhan Penting untuk Umat Muslim?

Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender lunar Muslim. Muslim dewasa yang sehat diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan dari fajar hingga senja selama satu bulan penuh.

Berpuasa termasuk menahan diri dari minum, makan, tindakan tidak bermoral dan kemarahan. Ibadah lain seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan amal juga dianjurkan untuk dilakukan selama bulan suci.

Selama bulan suci, umat muslim akan bangun pagi untuk makan sahur yang disebut sahur, dan mereka akan berbuka puasa saat waktu maghrib dengan makan yang disebut iftar.

Biasanya banyak masjid mengadakan buka puasa bersama, terutama bagi orang yang miskin dan membutuhkan. Sholat malam yang disebut Tarawih juga diadakan di masjid-masjid setelah berbuka puasa.

Dilansir Al jazeera, puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Ada juga ayat dalam Al-Qur’an yang mengatur puasa bagi semua umat Islam yang cukup dewasa dan sehat untuk melakukannya sepanjang hari.

Jadi sangat penting untuk umat Islam berpuasa di bulan suci Ramadhan.

Puasa sebagai tindakan ibadah, kesempatan untuk lebih dekat dengan Tuhan, dan cara untuk menjadi lebih berbelas kasih kepada mereka yang membutuhkan.

Baca Juga :   GrabKitchen Umumkan Tutup Operasional Pada 19 Desember 2022

Puasa juga dipandang sebagai cara untuk belajar sabar dan menghentikan kebiasaan buruk.

Dengan berpuasa kita akan menahan hawa nafsu dan juga emosi.

Ada banyak budaya atau tradisi yang berbeda selama Ramadhan bagi muslim di berbagai negara, apakah itu makanan khusus yang harus mereka masak, atau makan berbuka puasa bersama keluarga besar.

Namun prinsip Islam seperti kedermawanan mengilhami sebagian besar tradisi ini, termasuk berbagi makanan dan mengundang tamu untuk berbuka puasa.

Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 melanda Ramadhan menjadi kurang meriah, di tengah pandemi virus corona karena semua negara, termasuk umat Islam, mengambil tindakan pencegahan untuk mengekang penyebaran virus dengan melarang atau membatasi pertemuan sosial, dan menutup masjid.

Beberapa tahun lalu sholat tarawih bahkan tak boleh dilakukan berjamaah dan dianjurkan untuk dilakukan di rumah masing-masing.

Namun seiring berjalannya waktu, keadaan semakin membaik dan kita bisa menjalani sholat tarawih kembali di masjid secara berjamaah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita