Apa Saja Keistimewaan Malam Lailatul Qadar ?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com – Malam Lailatul Qadar alias malam seribu bulan memiliki sejumlah keistimewaan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Allah SWT mengutus para malaikat untuk turun ke langit dunia dengan membawa tugas masing-masing.
Malaikat yang bertugas di antaranya bertugas mencatat ajal, mencatat rezeki, mencatat jodoh, dan ada yang mencatat kebaikan, dan keburukan manusia selama satu tahun, terhitung sejak malam Lailatul Qadar hingga datangnya Lailatul Qadar selanjutnya.

Malam Lailatul Qadar bertepatan dengan malam diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhul Mahfudz oleh Allah ‘azza wa jalla secara menyeluruh ke langit dunia, kemudian diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh malaikat Jibril secara berangsur-angsur.

Dengan begitu malam Lailatul Qadar merupakan momentum yang sangat mulia. Orang-orang yang beruntung mendapatkan pahala amal kebaikan yang nilailnya berlipat-lipat dan tidak bisa ditemukan pada malam lain.

Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan, Jawa Timur, mengungkapkan, kemuliaan dan keagungan Lailatul Qadar seperti dikutip dari NU Online.

Dalam Al-Quran surah Al-Qadr:1-5 memiliki arti “Sungguh Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. (1) Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (3) Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. (4) Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.”

Selain dalam Al-Qur’an, Rasulullah juga menjelaskan keutamaan dan kemuliaan malam Lalilatul Qadar dalam sebuah hadits yang diriwayatkan HR Al-Bukhari.

“Barang siapa beribadah pada malam Lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu,” bunyi arti potongan hadist.

Lewat dua potongan ayat di atas bisa disimpulkan perihal keutamaan dan keumiliaan Lailtul Qadar. Ia merupakan satu-satunya malam dalam satu tahun yang benar-benar harus dijaga oleh umat Islam.

Baca Juga :   Miss Universe Indonesia Resmi Dilaporkan Kontestan Karena Dilecehkan Dengan Sesi Foto tanpa Busana

Pada malam yang satu ini, umat muslim disarankan harus berusaha meraih dan mengambil keuntungan lewat beribadah, karena pemberian dan anugerah dilipatgandakan oleh Allah di dalamnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Bus pariwisata kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024) petang. Bus tersebut membawa rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat, yang sedang menggelar perpisahan.

#kecelakaanbus #kecelakaan #smklinggakencana #ciater #subang

Kejadian Mengerikan Terjadi di Ciamis, dimana seorang suami tega memutilasi istrinya sendiri. diduga pelaku stres karena usahanya bangkrut & anak telilit hutang 150 juta karena Judi Slot
#mutilasi #pembunuhan #ciamis #beritaciamis #ciamisterkini #mediapasti

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Load More

Tag Berita

Pemuda Kegep Ngamar Dengan Istri Orang Ditelanjangi Di Hotel

Mediapasti.com – Viral beredar sebuah video pemuda di Jombang, Jawa Timur yang jadi target aksi bulan-bulanan hingga ditelanjangi sekelompok pria menjadi bahan perbincangan warga. Usut-punya