Xi Jinping Resmi Amankan Masa Jabatan Ketiga Sebagai Presiden China

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI.COM – Pada Minggu (23/10/2022), Xi Jinping mengamankan masa jabatan ketiga sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China sekaligus presiden negara tersebut.

Kembali terpilihnya Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China menjadikannya sebagai penguasa paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Selain itu, Xi Jinping juga kembali diangkat sebagai Ketua Komisi Militer Pusat.

Di hari yang sama, Xi juga mengumumkan nama-nama yang mengisi jabatan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China yang beranggotakan tujuh orang.

Komite Tetap Politbiro, yang juga dipimpin Xi, akan menentukan jalan pembangunan China dalam lima tahun ke depan.

Ketujuh orang tersebut adalah Xi Jinping sendiri, Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang, dan Li Xi.

Semua nama tersebut dianggap memiliki kesetiaan dan dekat dengan Xi Jinping.

“Kemenangan yang tidak normal untuk satu faksi, yang jarang terjadi dalam tradisi Partai Komunis, di masa lalu akan ada keseimbangan kekuatan yang kasar,” kata Willy Lam, peneliti di lembaga think tank AS Jamestown Foundation.

“Artinya tidak akan ada checks and balances. Xi Jinping juga memiliki kendali penuh atas Politbiro dan Komite Sentral yang lebih besar,” sambung Lam.

Selain itu, diumumkan pula Komite Sentral Partai Komunis China yang beranggotakan lebih banyak yakni 24 orang.

Ke-24 nama tersebut adalah Ding Xuexiang, Xi Jinping, Ma Xingrui, Wang Yi, Wang Huning, Yin Li, Shi Taifeng, Liu Guozhong, Li Xi, Li Qiang, Li Ganjie, Li Shulei, Li Hongzhong, He Weidong, He Lifeng, Zhang Youxia, Zhang Guoqing, Chen Wenqing, Chen Jining, Chen Miner, Zhao Leji, Yuan Jiajun, Huang Kunming, dan Cai Qi.

Pengumuman Komite Tetap Politbiro dan Komite Sentral, yang berisi nama-nama yang dekat dengan Xi, merupakan konfirmasi lebih lanjut bahwa cengkeraman Xi pada kekuasaan tidak berkurang oleh peristiwa tahun yang penuh gejolak.

Baca Juga :   MK Tolak Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres Maksimal 70 Tahun

“Dalam hal pembuatan kebijakan, itu berarti bahwa ada kemungkinan lebih menghormati pandangan Xi Jinping sendiri tentang bagaimana menggerakkan negara dan ekonomi ke depan,” kata Alvin Tan, Kepala Strategi Asia FX di RBC Capital Markets di Singapura.

Reuters melaporkan, susunan nama-nama di pucuk pimpinan Partai Komunis China tersebut tidak ada nama penerus Xi Jinping yang jelas. Xi Jinping naik menjadi pemimpin tertinggi China daratan pada 2012.

Xi meletakkan dasar untuk memerintah lebih dari satu dekade ketika dia menghilangkan batas masa jabatan kepemimpinan Partai Komunis China sebanyak dua periode pada 2018.

Masa jabatannya sebagai presiden kemungkinan akan diperbarui pada rapat parlemen tahunan pada Maret 2023, di mana perdana menteri berikutnya juga akan secara resmi ditunjuk.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Bus pariwisata kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024) petang. Bus tersebut membawa rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat, yang sedang menggelar perpisahan.

#kecelakaanbus #kecelakaan #smklinggakencana #ciater #subang

Kejadian Mengerikan Terjadi di Ciamis, dimana seorang suami tega memutilasi istrinya sendiri. diduga pelaku stres karena usahanya bangkrut & anak telilit hutang 150 juta karena Judi Slot
#mutilasi #pembunuhan #ciamis #beritaciamis #ciamisterkini #mediapasti

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Load More

Tag Berita

Pemuda Kegep Ngamar Dengan Istri Orang Ditelanjangi Di Hotel

Mediapasti.com – Viral beredar sebuah video pemuda di Jombang, Jawa Timur yang jadi target aksi bulan-bulanan hingga ditelanjangi sekelompok pria menjadi bahan perbincangan warga. Usut-punya