Sebelum Erupsi Alami Gempa Sebelum Meletus, Gunung Ruang Di Sulawesi Utara!

You are currently viewing Sebelum Erupsi Alami Gempa Sebelum Meletus, Gunung Ruang Di Sulawesi Utara!

Mediapasti.com – Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, mengalami peningkatan aktivitas seismik yang signifikan sebelum erupsi pada 16 April 2024.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tercatat 944 kali gempa dalam sehari di Gunung Ruang pada 17 April 2024. Aktivitas gempa ini merupakan salah satu indikator peningkatan tekanan magma yang berpotensi meletus.

Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Alami Erupsi Pada Selasa (16/4/2024) Pukul 19.19 Wita.

Selain Erupsi, Gunung Ruang alami peningkatan level aktivitas dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga) mulai Selasa (16/4/2024) pada pukul 16.00 Wita.

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api Dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi Dan Maluku, Juliana DJ Rumambi ST mengatakan bahwa Gunung Ruang memiliki letusan dengan tipe efusif atau didominasi oleh semburan dan lelehan lava.

Meskipun demikian, aliran lelehan lava belum teramati dengan jelas sehingga warga diimbau untuk mematuhi rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Juliana menyarankan agar masyarakat tidak berada di radius empat kilometer dari pusat kawah aktif.

Akibat letusan tersebut, sebanyak 838 warga yang bermukim di Pulau Ruang harus dievakuasi ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Baca Juga :   Analisis BMKG Tentang Gempa Banten yang Getarannya Terasa Sampai Jakarta

Tinggalkan Balasan