Menkominfo Akan Bangun Pusat Data Nasional di Bekasi November 2022

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan groundbreaking alias peletakan batu pertama Pusat Data Nasional (PDN) di kawasan Jabodetabek akan dilakukan awal November 2022, lokasinya di Bekasi.

“Sedang disiapkan untuk peletakan batu pertama Pusat Data Nasional secara permanen pemerintah. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan awal November. Ini Pusat Data Nasional Tier IV global standard, tempatnya di Jabodetabek,” ujar Johnny di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah membangun PDN berstandar global Tier IV untuk mewujudkan pemerintahan berbasis digital dan tata kelola di Indonesia.

Ditargetkan ada empat PDN yang akan dibangun pemerintah. PDN pertama dibangun di Jabodetabek, tepatnya di kawasan Deltamas Industrial Estate, Bekasi.PDN kedua didirikan di Nongsa Digital Park, Batam.

Lalu yang ketiga itu yang ketiga di ibu kota Nusantara untuk melayani pusat pemerintahan baru di sana. Dan yang terakhir di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur guna menghubungkan Indonesia bagian bara dengan timur melalui wilayah selatan.

Adapun pemilihan lokasi pusat data nasional yang berbeda-beda itu dilatari kebutuhan untuk menghubungkan antar wilayah layanan pemerintah. Mengenai koneksi antar PDN, Johnny menyatakan akan ditopang dengan jaringan backbone kabel serat optik Palapa Ring.

“Kenapa pemerintah perlu Pusat Data Nasional? karena pemerintah menggunakan lebih dari 2.700 pusat data dan server yang tersebar di kementerian lembaga yang di pusat dan daerah. Pemerintah alami kesulitan pada saat melakukan interopobalitas data, padahal kebijakan pemerintah kan harus berbasis data, satu data nasional,” tuturnya.

“Kita bangun satu pusat data yang nanti konsolidasi seluruh data yang ada di pusat data, disimpan. Pusat Data Nasional ini ibarat gudang, walinya ada masing-masing. Misalnya, data kependudukan itu wali datanya Dukcapil, data kesehatan itu Kementerian Kesehatan. Jadi, datanya disimpan di pusat data, wali datanya masing-masing,” sambung Menkominfo.

Baca Juga :   Diduga Melakukan Penghinaan Terhadap Presiden Jokowi, Rocky Gerung Dilaporkan ke Bareskrim

Menkominfo menegaskan Pusat Data Nasional yang dibangun pemerintah itu sudah Tier IV yang artinya data center yang tertinggi yang diterapkan di dunia saat ini, begitu juga soal keamanannya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita