Ramaikan Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina, Megawati Hingga SBY Turut Hadir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

MEDIAPASTI – Tasyakuran pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono dihadiri oleh para pejabat. Megawati Soekarnoputri hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang ke acara tersebut.

Tasyakuran Kaesang dan Erina digelar di Puro Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Tasyakuran dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan malam.

Para Menteri Hadiri Tasyakuran Pagi

Pada tasyakuran pagi hari, para menteri Jokowi turut hadir. Para menteri laki-laki tampak kompak mengenakan beskap berwarna abu-abu. Sementara, para menteri perempuan kompak mengenakan kebaya.

Para menteri Jokowi kemudian foto bersama dengan pengantin. Pada sesi foto bersama ini para menteri kompak berpose finger heart.

Para menteri yang hadir pada tasyakuran pagi adalah Menkes Budi Gunadi Sadikin, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkominfo Johnny G. Plate, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Menparekraf Sandiaga Uno, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri PDDT Abdul Halim Iskandar, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menpora Zainudin Amali, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menlu Retno Marsudi, Menteri Sosial Tri Rismaharani, Menaker Ida Fauziyah hingga Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Kehadiran Ahok, Anies hingga Ganjar

Selain para menteri, hadir pula tokoh politik nasional. Terlihat juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau BTP. Ahok mendoakan Kaesang dan Erina bahagia.

“Ya kita doakan, supaya Mas Kaesang dan Mbak Erina cepat dititipkan anak-anak yang bawa manfaat berkat nama baik untuk keluarga,” kata Ahok dilansir detikJateng, Minggu (11/12).

Ahok, yang datang bersama istrinya, Puput Nastititi Devi, turut berbahagia untuk Jokowi sekeluarga. Ia mengatakan saat ini semua anak Jokowi telah menikah.

“Ya kita ucapkan selamat ya, saya kira Pak Jokowi merupakan salah seorang yang diberkati ya, tiga anak yang sudah menikah kalau udah menikah udah beres,” terangnya.

Selain itu, hadir seniman Titiek Puspa dan Roy Marteen, Titiek Puspa juga sempat berfoto bersama Iriana dan Jokowi sebelum menyalami pengantin baru itu.

Kemudian, Raffi Ahmad yang sudah datang di acara akad nikah di Jogja juga kembali hadir memberikan ucapan selamat kepada pengantin baru itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga menghadiri tasyakuran sesi pertama pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Anies terlihat bersama istrinya menyalami dengan Jokowi dan Ibu Iriana serta Kaesang dan Erina dan keluarga Gudono. Dia tampak berada dalam barisan depan tamu undangan lainnya.

JK, Budiono hingga Prabowo Hadir di Tasyakuran Malam

Tasyakuran sesi kedua pernikahan Kaesang dan Erina digelar pada malam hari di Puro Mangkunegaran. Sekitar pukul 19.05 WIB, Wakil Presiden ke-11 Boediono terlihat memasuki Puro Mangkunegaran dan menuju kursinya. Tak lama, terlihat Ketua Wantimpres Wiranto hadir di lokasi. Mereka mengenakan setelan jas hitam dan kemeja putih.

Baca Juga :   3 Hakim MA Telah Dilaporkan Ke KY Terkait Putusan Batas Usia Calon Gubernur

Selain itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pun tiba di lokasi. Seperti menteri-menteri Jokowi lainnya, Prabowo terlihat mengenakan beskap hitam lengkap dengan blangkon cokelat. Prabowo tampak berbincang sebelum memasuki Puro Mangkunegaran.

Hadir juga, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, KSAL Laksamana Yudo Margono, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid Sinta Nuriyah, Yenny Wahiddan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah.

Kehadiran Wapres Ma’ruf, Megawati hingga SBY

Wapres Ma’ruf Amin juga datang pada tasyakuran malam hari. Ma’ruf datang didampingi sang istri Wury Ma’ruf Amin.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang tak lama setelah Wapres Ma’ruf. SBY datang didampingi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edie Baskoro Yudhoyono (Ibas) beserta istrinya.

SBY kemudian naik ke panggung pelaminan tanpa ditemani anak-anaknya. SBY kemudian bersalaman dengan Jokowi. Keduanya tampak berbincang sesaat.

Setelah itu, SBY menyalami Kaesang. Saat di panggung pelaminan, Kaesang tampak salim dengan SBY. SBY juga sempat berbicara singkat kepada Kaesang sambil menepuk pundak Kaesang.

SBY kemudian berfoto bersama pengantin dan keluarga Jokowi.

Selain itu, hadir pula Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Kedatangan Megawati itu mendapat sambutan hangat dari keluarga mempelai, termasuk Wali Kota Solo sekaligus putra Jokowi, Gibran Rakabuming.

Megawati didampingi Ketua DPR sekaligus putrinya, Puan Maharani. Terlihat Kepala BIN Budi Gunawan dan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto juga menemani Megawati.

Megawati tampil dengan setelan merah gelap dalam acara tasyakuran sesi malam itu. Sementara, Puan tampak anggun dengan kebaya putihnya.

Mereka tampak berjalan menuju panggung pelaminan. Setelah bersalaman dengan kedua mempelai dan keluarga, mereka melangsungkan foto bersama.

Namun ada pemandangan menarik setelah sesi foto bersama tersebut. Terlihat Megawati menggandeng tangan Gibran Rakabuming. Keduanya lalu berjalan seraya berbincang hangat.

Kehadiran Chairul Tanjung dan Istri

Tampak juga kehadiran Chairman CT Corp Chairul Tanjung dan istri Anita Ratnasari Tanjung. CT mengenakan jas hitam dengan dasi warna biru. Sementara Anita nampak memakai kebaya warna kuthu baru merah dengan motif bunga hitam.

Terlihat pula putri CT, Putri Tanjung, hadir bersama sang suami Guinandra Jatikusumo. CT dan keluarga lalu memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi dan kedua mempelai, Kaesang dan Erina.

Kehadiran Putra MBZ

Putra Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Muhamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, juga hadir di Puro Mangkunegaran. Putra MBZ menghadiri tasyakuran atau resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono.

Baca Juga :   Mulai Uji Coba Per 1 Juli Jika Urus SIM Harus Jadi Peserta Aktif JKN!

Putra MBZ tampak mengenakan pakaian serba putih. Ia memasuki Puro Mangkunegaran menuju pelaminan didampingi oleh Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution.

Putra MBZ kemudian terlebih dahulu menyalami Presiden Joko Widodo dan ibu negara, Iriana. Mereka tampak berbincang sebentar.

Setelahnya, Putra MBZ bergerak menyalami kedua mempelai dan besan Jokowi. Putra MBZ pun kemudian berfoto bersama keluarga besar Kaesang dan Erina.

Jokowi tampak mendampingi putra MBZ saat keluar dari pelaminan. Setelah berpamitan, Jokowi kembali menuju panggung.

Dubes Ukraina

Tidak hanya tokoh dalam negeri, hadir pula tokoh dari perwakilan negara sahabat. Tampak hadir adalah Dubes Ukraina untuk Indonesia.

Dubes Ukraina Vasyl Hamianin terpukau dengan tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Menurutnya, tasyakuran Kaesang dan Erina seperti royal wedding.

“Sangat sulit untuk mengekspresikan yang saya rasakan di sini. Ini adalah pengalaman pertama saya menghadiri pernikahan dengan adat Jawa,” kata Hamianin di Puro Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (11/12) malam.

Hamianin mengaku sudah pernah menghadiri pernikahan adat Sunda. Namun, ini pertama kalinya menghadiri pernikahan adat Jawa, terlebih yang digelar di Keraton.

“Sebelumnya saya sudah pernah menghadiri pernikahan Sunda dan beberapa lainnya. Tetapi pernikahan ini, terlebih lagi di keraton, ini seperti royal wedding. Sangat impresif, sangat terorganisir, sangat megah,” tuturnya.

Hamianin juga terpukau dengan musik gamelan yang mengiringi tasyakuran Kaesang dan Erina. Hal itu menurutnya menambah kesan kentalnya budaya Jawa.

“Gamelannya sangat membuat saya… aku tidak tahu bagaimana mengatakannya, sangat memukau, begitu dalam, dan sangat kental dengan budaya,” papar Hamianin.

Dokter Reisa hingga Addie MS

Tasyakuran malam pernikahan Kaesang dan Erina juga dihadiri oleh dokter Reisa Broto Asmoro, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Addie MS hingga Anggota DPD RI Fadel Muhammad dan istrinya.

Dokter Reisa sempat bercanda bahwa telah menyarankan vitamin yang lengkap sehingga Kaesang dan Erina bersemangat saat tasyakuran.

“Vitaminnya pasti lengkap deh udah, tapi kan kalau newlywed, itu auranya beda memang ya, kayaknya semangatnya udah dari dalam,” kata dokter Reisa sambil bercanda di Puro Mangkunegaran, Minggu (11/12).

Reisa menyebut bahwa hadirin sangat antusias pada pernikahan Kaesang dan Erina. Dia menyebut acara sangat meriah.

“Senang banget, tadi turut berbahagia menyaksikan tamu undangan yang hadir dengan antusias. Acaranya juga sangat meriah dan juga berlangsung dengan sangat lancar sejauh ini,” tutur dia.

“Tadi menyapa kedua mempelai, wajahnya sangat sumringah nih dengan acara ngunduh mantu ini,” imbuhnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Terjadi Runtuhnya kaca pembatas di club San Luis Potosí karena terlalu berdesakan, 3 orang tewas dan 16 orang luka-luka.

https://mediapasti.com/kriminal/18659/pengusaha-rental-mobil-jadi-korban-amuk-massa-di-pati-diteriaki-maling-oleh-warga/

Seorang anak jatuh dari pagar Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) tol Jatiasih yang kondisi dipagari dengan "tali rapia" kemudian korban terjatuh di jalur jalur cepat (01/6/2024)
#peristiwa #anakjatuh #jatiasih #toljatiasih #viral #kasian

Viral ! Pengakuan Pegi pada Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Vina Cirebon
#pembunuhan #pegi #vinacirebon #vina #kasusvina

Load More

Tag Berita

Menkominfo Berhasil Ungkap Modus Baru Judi Online

Mediapasti.com – Menkominfo atau Menteri Komunikasi dan Informatika baru-baru ini mengungkap modus operandi (MO) baru perjudian online di Indonesia. Cara baru ini melibatkan penggunaan pulsa