Kepala Desa Hegarmanah, Berharap pemerintah Daerah Maupun Pusat Tinjau Lahan Pertanian yang Kekeringan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Mediapasti.com, Sukabumi – Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat tinjau 100 hektar sawah petani di kampung Blok Kaum Desa Hegarmanah Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi yang kekeringan, Kamis (15/09/2022).

Dalam hal ini kepala Desa Hegarmanah Jaenudin Ajay,mewakili masyarakat mengatakan kepada media,mengenai keberadaan lahan sawah di kampung kaum benar – benar memperihatinkan, kurang lebih seluas 100 hektar kekeringan, dirinya berharap kepada Pemerintahan Daerah maupun Pemerintahan Provinsi Jawa Barat,untuk melakukan peninjauan kelokasi sawah yang kekeringan.

Lahan sawah tersebut selama 5 tahun bener bener tidak ada pasokan air dari sungai cimandiri, karena bendungan nya rusak berat, bendungan tersebut masih bersifat seadanya yaitu bambu yang di bentuk seperti beronjong dan kayu,Lalu ketika sungai cimandiri banjir besar maka beronjong – beronjong itu hanyut terbawa arus sungai.

“Masyarakat sering kali buat beronjong dan melakukan gotong royong atau kerja bhakti, untuk membetulkan bendungan selama 5 tahun kebelakang sebelumnya, namun lama kelamaan masyarakat merasa bosen karena setiap kali di perbaiki selalu saja hanyut terbawa arus sungai,”harap Jaenudin Ajay.

Sambungnya Kades Hegarmanah Jaenudin Ajay Karena sungai cimandiri adalah muara sungai dari beberapa sungai kecil yang ada di wilayah sukabumi.
Apalagi dengan kondisi cuaca hujan diwilayah berbeda – Beda beberapa tahun, kebelakang hingga sekarang ini, sulit untuk diperkirakan, salah satunya terkadang di wilayah lain tidak hujan tetapi di wilayah lainnya hujan, maka sungai cimandiri selalu banjir.Kemungkinan kalau musim kemarau lama dan merata di setiap wilayah Kabupaten sukabumi bisa tidak di lakukan perbaikan bendungan tersebut.

Kalau melihat kualitas bendungan dengan terbuat dari bambu dan kayu seperti sekarang ini, maka kualitasnya sangat kurang bagus, untuk itu, lanjut JA mengatakan ” Bukan tidak ada pemikiran saya untuk mengalokasikan Dana Desa ( DD) kepada pembangunan bendungan cimandiri blok kaum.

Baca Juga :   KPU Undi No Urut Tiga Paslon Pilkada Karawang

Namun bisa lihat sama – sama dilokas, perkirakan memakan biaya cukup besar, hingga sampai di angka 1.6 miliar, lebar sungai cimandiri 250 meter kurang lebih, dan ketinggian berpariatif, rata rata sekitar 2.5 meter dari pondasi, kalau menggunakan bronjong saya rasa juga bisa, namun tetap memakan biaya cukup besar pula.

“Kalau sampai belum juga di perbaiki bendungan tersebut,oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat,ini akan berdampak besar kepada para petani.Karena ini merupakan salah satu merosotnya ekonomi pertanian masyarakat.

Yocky / nunu erlangga

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
X
Threads
Pinterest
Telegram

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami :

Berita Serupa

Berita Terbaru

Twitter Kami

Selamat Hari Buruh 2024, Bersama buruh kita junjung tinggi peradaban manusia sebagai tulang punggung keluarga & negera. Mari kita junjung tinggi hak-hak pekerja dengan memanusiakan manusia

#labourday #hariburuh #buruh #mediapasti #beritaterupdate #beritaterbaru

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih, setelah MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2024.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

MK menolak permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil permohonan.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan.

2

Seorang menantu di Kendari, Sulawesi Tenggara, tega membunuh mertuanya dan merekayasa kejadiannya seolah-olah korban merupakan korban begal. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (7/4/2024).
kini kasusnya sedang ditangani oleh pihak kepolisian.

Mediapasti Indonesia, Melaporkan

2

Dukungan Amerika Serikat (AS) ke Israel terus berlanjut, dan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. AS memveto resolusi DK PBB yang meminta keanggotaan penuh Palestina di PBB, Kamis (18/4/2024).
#pbb #hakveto #dewankeamananpbb #palestine #keanggotaanpbb #veto

AMICUS CURIAE Dalam Sengketa PILPRES 2024 https://mediapasti.com/hukum/17783/amicus-curiae-dalam-sengketa-pilpres-2024/

Load More

Tag Berita