Hasil Akhir Prancis VS Polandia 3-1, Tembus 8 Besar

You are currently viewing Hasil Akhir Prancis VS Polandia 3-1, Tembus 8 Besar

MEDIAPASTI – Timnas Perancis menjadi tim ketiga yang berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 menyusul Belanda dan Argentina.

Les Bleus, julukan timnas Perancis, dipastikan lolos setelah menyingkirkan Polandia pada babak 16 besar, Minggu (4/12/2022) malam WIB.

Bertanding di Al Thumama Stadium, timnas Perancis sukses melumat Polandia 3-1.

Bintang kemenangan timnas Perancis kali ini adalah Kylian Mbappe yang berhasil mencetak brace alias dua gol (74′, 90+1′) dan assist untuk Olivier Giroud (44′).

Adapun satu gol balasan Polandia dicetak oleh Robert Lewandowski lewat titik putih pada menit ke-90+8′.

Gol ke gawang Polandia membuat Giroud dan Mbappe kompak mengukir rekor.

Giroud kini berhak menyandang status top skor sepanjang masa timnas Perancis.

Striker milik AC Milan itu sukses melewati rekor 51 gol milik Thierry Henry.

Di lain sisi, Mbappe kini tercatat sebagai pemain pertama yang mampu mencetak 9 gol di panggung Piala Dunia sebelum berusia 24 tahun.

Bintang milik Paris Saint-Germain itu melewati rekor legenda timnas Brasil, Pele, yang mencetak tujuh gol Piala Dunia sebelum berusia 24 tahun.

Secara keseluruhan, Mbappe sudah mencetak 32 gol selama berseragam timnas Perancis. Pemain berusia 23 tahun itu sukses melewati rekor 31 gol milik legenda timnas Perancis, Zinedine Zidane.

Hasil di Al Thumama Stadium mempertajam rekor tak terkalahkan Perancis ketika menghadapi Polandia menjadi delapan laga beruntun atau sejak Agustus 1982.

Timnas Perancis selaku juara bertahan juga berhasil menjaga tren positif selalu lolos ke perempat final Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir.

Pada perempat final Piala Dunia 2022 nanti, timnas Perancis selaku juara bertahan akan menghadapi pemenang dari pertandingan Inggris vs Senegal.

Baca Juga :   Hasil Akhir PSM Makassar vs Persik Kediri di Piala Presiden 2020: Tanpa Gol, Peluang Sulit Tercipta

Adapun kekalahan dari Perancis semakin memperburuk tren Polandia yang tidak pernah lolos ke perempat final Piala Dunia sejak format 32 tim diperkenalkan pada 1998.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama pertandingan Perancis vs Polandia berjalan sengit dan terbuka dengan tempo cepat sejak awal.

Timnas Perancis asuhan Didier Deshcmaps tampil lebih mendominasi dengan 54 persen penguasaan bola dan lima tembakan tepat sasaran.

Namun, Perancis harus menunggu sampai menit ke-45 untuk melihat Olivier Giroud mencetak gol.

Menerima umpan terobosan Kylian Mbappe, Giroud yang membuka ruang di sisi kiri kotak penalti Polandia berhasil lolos dari jebakan offside.

Striker milik AC Milan itu kemudian sukses menaklukkan kiper Polandia, Wojciech Szczesny, dengan tembakan kaki kiri tanpa mengontrol bola.

Gol ke gawang Polandia menjadikan Olivier Giroud top skor sepanjang masa timnas Perancis.

Giroud dengan koleksi 52 gol sukses melewati rekor Thierry Henry (51).

Adapun Wojciech Szczesny tentu sangat kecewa karena sebenarnya dia tampil sangat solid sepanjang babak pertama.

Kiper milik Juventus itu tercatat melakukan lima penyelematan penting termasuk menepis tembakan keras kaki kiri Kylian Mbappe pada menit ke-35.

Sepanjang babak pertama, timnas Polandia yang mulai keluar menyerang sejak menit ke-25 hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran.

Berlanjut ke babak kedua, Didier Deschamps maupun pelatih Polandia, Czeslaw Michniewicz, masih belum melakukan perubahan.

Tepat pada menit ke-57, Olivier Giroud kembali berhasil menggetarkan jala gawang Polandia lewat tendangan salto kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Namun, gol tersebut dianulir karena wasit menganggap Raphael Varane melanggar Szczesny sebelum Giroud melepaskan tembakan.

Sadar permainan Polandia tidak berkembang, Czeslaw Michniewicz mencoba menambah daya gedor dengan memasukkan Arkadiusz Milik pada menit ke-64. Milik masuk untuk menggantikan gelandang serang Polandia, Sebastian Szymanski.

Baca Juga :   Luar Biasa ! Timnas Indonesia Lolos 16 Besar AFC Cup

Pergantian itu mengubah formasi bermain Polandia dari awalnya 3-4-2-1 menjadi 4-4-2. Hingga menit ke-70, timnas Polandia yang terus mencoba menyerang dengan meningkatkan tempo pertandingan masih belum berhasil melepaskan tembakan tepat sasaran.

Timnas Polandia justru kembali kebobolan pada menit ke-75. Gol kedua Perancis dicetak oleh Kylian Mbappe.

Menerima umpan mendatar dari Ousmane Dembele, Mbappe mendapatkan ruang bebas di sisi kiri kotak penalti Polandia.

Mbappe kemudian langsung melepaskan tembaka keras kaki kanan. Bola tembakan Mbappe itu meluncur deras masuk ke sisi kanan atas gawang Polandia.

Menjelang akhir laga, Mbappe kembali mencetak gol lewat tendangan keras kaki kanan pada menit ke-90+1′.

Polandia kemudian mendapat sedikit hiburan lewat gol penalti Robert Lewandowski pada menit ke-90+8.

Hasil Perancis vs Polandia 3-1 (Giroud 45′, Mbappe [74′, 90+1’/ Lewandowski 90+8′-p)

Susunan Pemain

Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 5-Jules Kounde, 4-Raphael Varane, 18-Dayot Upamecano, 22-Theo Hernandez; 8-Aurelien Tchouameni (13-Fofana 66′), 14-Adrien Rabiot; 11-Ousmane Dembele (20-Coman 76′), 7-Antoine Griezmann, 10-Kylian Mbappe; 9-Olivier Giroud (26-Thuram 76′)

Cadangan: 16-Mandanda, 23-Aréola, 2-Pavard, 3-Disasi, 6-Guendouzi, 12-Kolo Muani, 15-Veretout, 17-Saliba, 20-Coman, 24-Konaté, 25-Camavinga, 26-Thuram

Pelatih: Didier Deschamps

Polandia (3-4-2-1): 1-Wojciech Szczesny; 14-Jakub Kiwior, 15-Kamil Glik, 18-Bartosz Bereszynski; 24-Przemyslaw Frankowski, 10-Grzegorz Krychowiak, 19-Sebastian Szymanski (7-Milik 64′), 2-Matty Cash; 13-Jakub Kaminski, 20-Piotr Zielinski; 9-Robert Lewandowski

Cadangan: 3-Jedrzejczyk, 4-Wieteska, 5-Bednarek, 6-Bielik, 8-Szymanski, 11-Grosicki, 12-Skorupski, 16-Swiderski, 17-Zurkowski, 21-Zalewski, 22-Grabara, 23-Piatek, 25-Gumny, 26-Skóras

Pelatih: Czeslaw Michniewicz

Tinggalkan Balasan